Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tengah bersiap untuk menjalankan tugasnya dalam Upacara HUT RI ke-68 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Jakarta - Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-68 di Istana Negara berlangsung aman.

Sebagaimana biasanya sebagai inspektur acara adalah Presiden, maka tahun ini pun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengambil tugas tersebut.

Upacara hari ini dipimpin, Komandan Upacara Angkatan Udara (AU) Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar ST, M.BA yang lahir di Bogor pada tanggal 25 Desember 1971 dan dalam keseharian merupakan dosen golongan IV AAU.

Sementara pembaca proklamasi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman, kemudian pembacaan doa oleh Menteri Agama (menag) Suryadharma Ali.

Pasukan pengibaran bendera dilatih tiga setengah minggu. Yang mengambil peran komandan kelompok 17 Gusti Komang Arya Baskhara UP dari Bali, komandan kelompok delapan Dani Julianto dari Kalimantan Tengah.

Sementara pengerek bendera Moh. Rayhan Akbar dari Jawa Barat, pembentang bendera Gilbert Karamoy dari Sulawesi Utara (Sulut) dan sebagai pembawa baki Adelena Tesalonika R dari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Ezra Sihite