Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan 7 tata cara Konvensi Partai Demokrat, minggu malam (7/7)

Jakarta – Hasil survei tahap pertama konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat (PD) segera diproses. Namun hasil survei tidak diumumkan ke publik.

Peserta konvensi pun hanya diberi parameter survei.

“Kita tidak ingin memperlihatkan unsur persaingan. Kita tidak benturkan satu sama lain peserta konvensi. Survei tahap pertama ini sifatnya evaluasi agar peserta semakin terpacu,” kata juru bicara Komite Konvensi, Rully Charis di Jakarta, Senin (6/1).

Dia menambahkan, hasil proses pengumpulan data dan kesimpulan akan diserahkan tiga lembaga survei pada pekan depan.

Menurutnya, elektabilitas dan popularitas peserta tentu juga disurvei. “Kita lihat dan ukur elektabilitas dan popularitas peserta. Kemudian persepsi kapabilitas dari masyarakat terhadap peserta juga jadi poin khusus. Setelah kegiatan temu media, ada agenda debat sekitar tanggal 21 Januari di 10 kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Ambon, Makasar dan Jayapura," kata Rully.

Dia mengungkapkan, Komite menggelar temu media dengan peserta mulai 6-9 Januari 2014. Selanjutnya, masih kata Rully, peserta bakal melakukan debat di 10 kota. “Setelah kegiatan temu media, ada agenda debat sekitar tanggal 21 Januari di 10 kota seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Ambon, Makasar dan Jayapura,” ungkapnya.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6/FAB

Sumber:Suara Pembaruan