Pendukung Jokowi di Solo Dukung Ryamizard Sebagai Bakal Cawapres

Pendukung Jokowi di Solo Dukung Ryamizard Sebagai Bakal Cawapres
Ryamizard Ryacudu ( Foto: Istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / FAB Rabu, 7 Mei 2014 | 16:34 WIB

Jakarta - Sejumlah warga Solo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Posko Canter Rakyat Jokowi for President, melakukan aksi sebagai bentuk dukungan kepada Joko Widodo sebagai calon presiden PDI Perjuangan (PDIP).

Menurut Agus Widiarto, koordinator kegiatan itu, aksi tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Ryamizard Ryacudu sebagai bakal cawapres Jokowi.

"Kami meminta kepada Ibu Ketua Umum Megawati Seokarnoputri untuk segera mengumumkan Bapak Ryamizard sebagai pendamping pak Jokowi," kata Agus dalam keterangannya yang diperoleh di Jakarta, Rabu (7/5).

Agus adalah aktivis PDI dan menjadi korban dalam tragedi penyerbuan kantor PDI pada 27 Juli 1996. Dengan menggunakan Reog dan Barongsai, Agus menggalang massa untuk memenuhi jalan utama di Solo.

"Kami meminta Ibu Mega yakin seratus persen untuk menduetkan Jokowi dengan Ryamizard Ryacudu, karena Ryamizard adalah tokoh militer non partisan dan memiliki integritas yang tinggi terhadap NKRI," kata Agus.

Agus mengatakan, mereka menilai Ryamizard juga bebas dari kepentingan kelompok manapun.

"Jika Jokowi didampingi oleh Ryamizard, akan mudah mengalahkan capres-capres lain. Bahkan, bisa juara di putaran pertama," tegasnya.

Dikabarkan sebelumnya, PDIP akan mengumumkan siapa pendamping Jokowi pada hari Jumat (9/5). Beredar beberapa nama yang akan digadang-gadang, yaitu Jusuf Kalla, Mahfud MD dan Ryamizard Ryacudu.