Mantan Wadan Paspampres Jabat Gubernur AAL

Mantan Wadan Paspampres Jabat Gubernur AAL
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (ketiga kiri) didampingi Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo (kedua kiri) dan Wakil Danpaspamres Brigjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono (kiri) meninjau pasukan ketika Apel Kesiapan Satgaspam VVIP KTT APEC XXI 2013 di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/9). Sebanyak 1500 Personel gabungan TNI- Polri akan bertugas mengamankan 20 kepala negara asing yang akan menghadiri KTT APEC XXI mulai 2-10 Oktober yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. ( Foto: Antara / Widodo S Jusuf )
Novy Lumanauw / WBP Selasa, 11 November 2014 | 16:41 WIB

Surabaya - Mantan Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono akan menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) menggantikan Laksda TNI A Taufiqoerrochman.

Kepala Bagian Penerangan Akademi Angkatan Laut (AAL) Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman menjelaskan serah terima jabatan itu akan dipimpin oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Marsetio di Surabaya, Rabu besok (12/11).

"Serah terima jabatan akan dilaksanakan di Dermaga Madura, Ujung, Koarmatim, Surabaya, karena kali ini digabung dengan upacara sertijab Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil)," kata Maman di Surabaya, Selasa (11/11).

Ia menjelaskan, selepas dari AAL Taufiqoerrochman akan menempati pos barunya sebagai Koordinator Staf Ahli Kasal, sedangkan Guntur Irianto Cipto Lelono sebelumnya menjabat sebagai orang nomor dua di lingkunngan Paspampres.

Guntur Irianto Cipto Lelono merupakan lulusan AAL angkatan ke-30 atau lulus tahun 1985. Pria kelahiran Banyumas, Jawa Tengah, 53 tahun lalu ini pernah menjabat sebagai Komandan Resimen AAL selama kurun waktu 9 bulan (April 2011 - Januari 2012).

Karier dan jabatan Guntur Irianto Cipto Lelono banyak berkecimpung di jajaran pasukan elite Marinir, yakni Intai Amfibi (Taifib) dan Detasemen Jalamengkara (Denjaka).

Menurut Letkol Maman Sulaeman, karier perwira tinggi berbintang dua itu dimulai dari komandan peleton di Taifib yang kala itu berada di bawah Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir, kemudian komandan tim tempur C Denjaka Marinir, Wakil Komandan Denjaka dan Komandan Yonif-4 Marinir.

Setelah itu suami dari Natalia Krismawardani dan ayah dari Rivaldi Martiano, Rhaditya Ananda dan Ryahardian Novarie ini dipercaya sebagai Komandan Grup-B Paspampres sata berpangkat kolonel hingga pernah menjabat Wakil Komandan Paspampres 19 Agustus 2013 - 14 Oktober 20.

Sumber: Investor Daily
CLOSE