Ki Bagus Rangin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Ki Bagus Rangin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Tubagus Hasanuddin saat memberi keterangan kepada awak media. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Minggu, 6 September 2015 | 15:18 WIB

Jakarta - Anggota Badan Pengkajian MPR RI yang juga tokoh Jawa Barat, Tubagus Hasanuddin, mendukung aspirasi masyarakat Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang ingin mengusulkan Ki Bagus Rangin sebagai calon pahlawan nasional.

Kata Hasanuddin, Warga Ciayumajakuning memang memiliki seorang tokoh pejuang di zaman Penjajahan Belanda yang hingga hingga sekarang masih melekat di ingatan masyarakat.

"Nama tokoh pejuang tersebut yaitu, Bagus Rangin," kata Hasanuddin, Minggu (6/9).

Menurutnya, Bagus Rangin memiliki integritas dan moral yang tinggi membela kaum miskin tanpa pamrih. Dia diketahui memimpin masyarakat di wilayah keresidenan Cirebon memberontak terhadap penjajah Belanda selama 13 tahun lebih (1805-1818).

Selama pemberontakan tersebut Bagus Rangin diketahui memiliki kemampuan menggerakkan masyarakat untuk mengangkat senjata mengusir penjajah Belanda. Hingga kehadiran pergerakan Ki Bagus Rangin dan teknik perang atau strategi perang yang digunakan membuat Belanda kerepotan.

"Selama memimpin pemberontakan, Bagus Rangin tak pernah menyerah ke musuhnya. Bagus Rangin lebih baik melawan sekalipun anak buahnya menyerahkan diri," kata Hasanuddin, Purnawirawan TNI bintang dua itu.

Dilanjutkannya, semangat dan nilai-nilai perjuangan Bagus Rangin hidup di tengah-tengah masyarakat Ciayumajakuning dan pada akhirnya sepakat mengusulkan agar tokoh itu diberi gelar sebagai pahlawan nasional. Kata Hasanuddin, usulan itu sah apabila mengacu kepada UU No.20 tahun 2009 tentang gelar, tanda Jasa, tanda Kehormatan.

"Itu sah dan kita apresiasi," imbuhnya.

Usulan itu akan dibawa ke lembaga parlemen untuk menjadi usulan resmi kepada pemerintah. Apabila disetujui pemerintah, tahun depan, gelar pahlawan sudah bisa diberikan kepada Ki Bagus Rangin.

Dalam rangka menguatkan bukti sejarah akan kepahlawanan Ki Bagus Rangin, Sabtu (5/9), telah digelar seminar nasional pengusulan Ki Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional, di Majalengka.

Hadir dalam acara itu adalah dua sejarawan dari Universitas Padjajaran Bandung Nina Herlina Lubis dan Djokomarihandono. Selain itu Filolog R.Ahmad Opan Safari Hasyim, Budayawan Indramayu Supali Kasim, beberapa bupati dan anggota DPRD yang berada di wilayah Ciayumajakuning. Ratusan warga dan tokoh masyarakat dari Ciayumajakuning juga hadir.

CLOSE