Pilpres 2019

Tokoh Non-Parpol Bisa Dampingi Jokowi

Tokoh Non-Parpol Bisa Dampingi Jokowi
Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / AB Rabu, 14 Maret 2018 | 13:23 WIB

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebutkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 bisa berasal dari kalangan non-partai politik (parpol) maupun tokoh parpol. Unsur utama yang dipertimbangkan untuk menjadi cawapres adalah kedekatan dengan rakyat dan Jokowi sendiri.

Ketika menjawab pertanyaan wartawan soal bagaimana respons PDI Perjuangan soal sejumlah pimpinan parpol yang ingin menjadi cawapres Jokowi, pada Rabu (14/3), tercatat tiga kali Hasto menyatakan,"Tidak perlu ada dikotomi antara cawapres dari unsur parpol atau nonparpol untuk mendampingi Jokowi. Semua untuk kepentingan bangsa dan negara. Yang penting semua bergerak ke bawah untuk rakyat. Semua berdedikasi untuk rakyat dan negara dan bisa bekerja sama dengan baik sama Pak Jokowi," kata Hasto.

Bagi PDI Perjuangan, lanjutnya, seorang bakal cawapres dari unsur parpol juga sama seperti non-parpol. Seseorang yang berlatar belakang parpol juga berdedikasi untuk negara. "Karena parpol juga berdedikasi untuk negara. Semua yang terpanggil sebagai pemimpin untuk bangsa, juga memiliki komitmen sama," imbuhnya.

PDI Perjuangan selalu membuka ruang bagi hadirnya kepemimpinan dari parpol ataupun dari luar parpol yang menurut penilaian partai memiliki kualifikasi kepemimpinan yang baik. "Ciri utama kepemimpinan adalah yang bergerak ke bawah, ke masyarakat. Sebab pemimpin itu harus memahami siapa yang dipimpinnya," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE