Unggul di Survei, Pasangan DM4Jabar Pilih Terus Bekerja

Unggul di Survei, Pasangan DM4Jabar Pilih Terus Bekerja
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) dan Dedi Mulyadi. ( Foto: Antara / M Agung Rajasa )
Fana Suparman / CAH Rabu, 14 Maret 2018 | 15:32 WIB

Jakarta - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi atau yang dikenal dengan pasangan DM4Jabar memilih terus bekerja keras. Meskipun, hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas menempatkan pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar ini meraih elektabilitas sebesar 42,8 persen atau unggul dibanding pasangan calon lainnya.

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi menyatakan, hasil survei bukanlah penentu kemenangan di Pilgub Jabar. Untuk itu, Dedi menyatakan pihaknya akan terus bekerja keras.

"Sampai saat ini kami merasa belum menang. Kami masih tertinggal jauh dan perlu kerja keras," kata Dedi dalam siaran pers yang diterima SP di Jakarta, Rabu (14/3).

Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi mengaku tak merasa istimewa dengan hasil survei tersebut. Sebaliknya, pria yang lekat dengan iket Sunda tersebut menegaskan hasil survei ini menjadi pelecut semangat untuk terus bekerja melayani masyarakat Jawa Barat. Salah satunya dengan terus blusukan atau kukurusukan menemui masyarakat seperti yang telah dilakukan selama 15 tahun ini di Purwakarta. Hanya saja, cakupan wilayah kukurusukan yang dilakukan Dedi saat ini mencakup seluruh Jawa Barat.

"Kami jadikan semangat saja untuk terus bekerja melayani masyarakat baik di desa maupun di kota. Ini bukan sesuatu yang luar biasa, karena hanya meneruskan aktivitas sehari-hari," katanya.

Dengan kukurusukan ini, pasangan DM4Jabar dapat memetakan persoalan yang dihadapi masyarakat Jawa Barat secara komprehensif. Dengan demikian, solusi dari persoalan yang dihadapi masyarakat pun dapat langsung dirasakan tanpa menunggu waktu yang lama.

"Modal saya selalu bertemu dengan masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Sehingga, permasalahan mereka sampai detail kami ketahui dan langsung kami carikan solusi. selama ini, itu pola kampanye saya, melayani masyarakat secara langsung," ujarnya.

Diketahui, survei yang dilakukan Litbang Kompas menempatkan pasangan Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi sebagai peraih elektabilitas tertinggi. Kombinasi dua tokoh di Jawa Barat itu meraih 42,8 persen suara. Sementara itu, pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum menguntit di belakangnya dengan 39,9 persen suara.

Kemudian, pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu meraih 7,8 persen suara disusul pasangan TB Hasanudin - Anton Charliyan dengan 3,1 persen suara. Dalam survei tersebut, sebanyak 6,4 persen suara masih belum menentukan pilihan. Survei ini dilakukan dengan cara tatap muka terhadap 800 orang responden berusia minimal 17 tahun secara acak. Metoda yang digunakan adalah pencuplikan proporsional bertingkat didasarkan pada jumlah penduduk di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat.



Sumber: Suara Pembaruan