Jelang Pileg, Politikus PPP Hijrah ke PBB

Jelang Pileg, Politikus PPP Hijrah ke PBB
Sejumlah tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di antaranya Ahmad Yani (kedua kiri) dan Djoko Edhi Abdurrahman (kelima kiri) memilih pindah partai dan bergabung dengan Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Izha Mahendra (keempat kiri), Senin, 16 April 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / Yeremia Sukoyo )
Yeremia Sukoyo / JAS Senin, 16 April 2018 | 13:31 WIB

Jakarta - Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, sejumlah tokoh partai politik melakukan manuver dengan berpindah partai. Kali ini sejumlah tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pindah partai masuk ke Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Izha Mahendra.

Salah satu tokoh Parpol PPP yang pindah ke PBB adalah mantan anggota Komisi III DPR periode 2009-2014, Ahmad Yani. Politikus asal Palembang, Sumatera Selatan itu memutuskan pindah dari PPP setelah berkomunikasi dengan Yusril.

"Kami datang tidak dalam konteks sakit hati atau marah. Kami lihat PPP khitah paradigmanya sama dengan PBB. Jadi kami katakan PBB ini rumah besarnya umat Islam. Kami juga bagian dari umat Islam merasa pas dan cocok," kata Ahmad Yani ketika dijumpai di Markas PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (16/4).

Dijelaskan Yani, ada sekitar 30 mantan pengurus dan elite PPP yang hijrah pindah ke PBB. Satunya Tamam Achda, Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Kubu Romahurmuziy dan Djoko Edhi Abdurrahman. Selain itu juga ada sebagian dari tokoh PPP kubu Djan Faridz.

Ketua Umum PBB Yusril Izha Mahendra, menjelaskan, PBB merupakan partai terbuka yang menerima siapa saja untuk bergabung. Menurutnya, keputusan mantan tokoh PPP untuk bergabung dengan PBB merupakan energi baru dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019.

"Saya sudah sering mengatakan PBB terbuka bagi siapa saja. Banyak saudara-saudara kami dari PPP punya pandangan yang sama dengan PBB. Mereka memberikan support kepada PBB," kata Yusril.

Dijelaskan Yusril, tokoh PPP lainnya juga sudah ada yang menghubunginya secara langsung dan menyatakan niatnya untuk bergabung. Salah satunya yakni Abraham Lunggana atau Haji Lulung. Haji Lulung merupakan Ketua DPW PPP DKI yang juga Wakil Ketua DPRD DKI periode 2014-2019.

"Beliau-beliau ini sudah mengatakan mendeklarasikan PPP khitah. PBB akan menampung semua komponen umat Islam," ucap Yusril.



Sumber: BeritaSatu.com