PKB: Segera Sahkan Revisi UU Antiterorisme

PKB: Segera Sahkan Revisi UU Antiterorisme
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ( Foto: Beritasatu Tv )
Yustinus Paat / AO Selasa, 15 Mei 2018 | 23:35 WIB

Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan, pihaknya mendorong agar revisi UU tentang Antiterorisme segera disahkan. Menurut pria yang biasa disapa Cak Imin itu, dengan mencermati situasi yang terjadi, maka pada prinsipnya RUU Antiterorisme harus segera diselesaikan.

"Prinsip pokoknya, UU Antiterorisme ini harus segera diselesaikan. Prinsip yang kedua, jangan membuat UU yang mubazir, artinya tidak komprehensif," ujar Cak Imin di kantor DPP PKB Jalan Raden Saleh Nomor 9, Jakarta Pusat, Selasa (15/5). Dikatakan, ada tiga hal yang belum komprehensif dari revisi UU Antiterorisme. Pertama, kata dia, menyangkut cyber terorism atau penggunaan media siber untuk menanggulangi terorisme.

"Yang kedua, menyangkut pelibatan masyarakat dalam menanggulangi preventif maupun apa yang disebut post terorism," ujar dia. Ketiga, lanjut Wakil Ketua MPR itu, adalah soal koordinasi lintas sektoral pemerintah dalam menangani terorisme. Dia menganjurkan agar koordinasi tersebut dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) .

"Saya menginginkan BNPT menjadi wadah tunggal koordinasi utamanya," kata dia. Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan, jika tiga poin tersebut sudah dimasukkan dalam Revisi UU Antiterorisme, maka UU tersebut bisa segera disahkan. "Saya berharap pemerintah mengkonsolidasi diri, karena begitu pemerintah selesai, tinggal bawa ke DPR. Tetapi, catatannya, komprehensif pada tiga poin itu," tuturnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE