Rumor Politik

PKS Tolak Anies?

PKS Tolak Anies?
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. ( Foto: Antara / Rosa Panggabean )
Asni Ovier / Willy Masaharu / AB Senin, 4 Juni 2018 | 11:39 WIB

Jakarta - Partai Gerindra telah memastikan akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Saat ini, Gerindra terus melakukan lobi dengan sejumlah partai politik (parpol) untuk menjadi rekan koalisi. Lobi-lobi itu juga membahas sosok yang akan menjadi pendamping Prabowo sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Berbagai upaya telah dilakukan Gerindra untuk mendekati parpol agar mau bersanding dengan mereka pada Pemilu 2019. Partai yang tengah didekati adalah PKS, PAN, dan Partai Demokrat. Sejumlah nama pun disebut-sebut sebagai bakal cawapres Prabowo. Salah satu nama yang muncul adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut sumber SP di Jakarta, Jumat (1/6), ada partai yang mengusulkan nama Anies untuk mendampingi Prabowo. Anies yang sukses pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, tahun lalu dianggap memiliki elektabilitas yang tinggi.

“Ada partai yang siap berkoalisi dengan Gerindra asalkan mau mengusung Anies sebagai cawapres Prabowo. Namun, ada pula partai yang menolak nama Anies,” ujar sumber itu.

Partai yang menolak itu, kata dia, adalah PKS. Disebutkan, PKS menolak nama Anies karena mereka telah menyodorkan sembilan nama dari internal partai untuk mendampingi Prabowo.

“PKS sudah melakukan kajian terhadap nama-nama di internal mereka. Oleh karena itu, mereka menolak jika Anies yang diusung sebagai pendamping Prabowo. Bahkan, jika Anies tetap dijadikan cawapres, PKS siap untuk keluar dari koalisi,” ujar sumber itu.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE