Ini Komitmen dan Inovasi Ganjar untuk Pendidikan Pesantren

Ini Komitmen dan Inovasi Ganjar untuk Pendidikan Pesantren
Ganjar Pranowo (tengah). ( Foto: Beritasatu Photo / Stefy Thenu )
Yudo Dahono / YUD Kamis, 14 Juni 2018 | 07:07 WIB

Semarang – Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut satu Ganjar Pranowo menyempatkan diri hadir dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama yang digelar PWNU Jateng, Selasa (12/6). Acara tersebut diisi dengan dialog mengenai pembangunan di Jawa Tengah serta partisipasi masyarakat, termasuk kalangan santri untuk memajukan dunia pendidikan di Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar bercerita banyak soal pembangunan di Jateng. Cagub petahanan itu memaparkan bagaimana partisipasi dari masyarakat Jateng termasuk kalangan santri cukup besar guna memajukan dunia pendidikan.

Ganjar menegaskan bahwa bantuan pemerintah terhadap institusi pendidikan agama seperti pondok pesantren dan madrasah diniyah akan tetap diupayakan. Adapun sebagai sumber dana untuk bantuan tersebut diperoleh melalui zakat dari aparatur sipil negara (ASN) yang dikelola Baznas.

“Dalam sebulan zakat ASN atau PNS Pemprov Jateng ini bisa terkumpul sampai Rp 1,5 miliar. Ini bisa langsung saya kucurkan untuk pondok, madin, panti asuhan atau warga miskin yang sakit, lebih cepat dan tidak ribet seperti APBD,” kata Ganjar melalui siaran pers, Kamis (14/6).

Terobosan yang dilakukan Ganjar dipuji Wakil Rais Syuriah PWNU Jateng, Muhammad Adnan. Menurutnya berbagai model pembiayaan pembangunan yang tidak harus melulu bersumber dari APBD. Menurutnya, pemerintah memang harus kreatif dalam mencari sumber pendanaan baru. Karena tidak mungkin semua bisa ditutup APBD.

“Negara memang harus membantu, karena membantu masyarakat yang sudah ngopeni pendidikan itu kewajiban. Saya mencari pemimpin yang tidak menjadikan pembiayaan masyarakat itu menjadi beban tapi kewajiban,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWNU Jateng Abu Hapsin menyatakan bahwa momen silaturahmi seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin tidak hanya menjelang Pilkada saja namun terus berlanjut di kemudian hari. Untuk itu, Abu Hapsin berharap agar pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin bisa dipercaya masyarakat untuk menang dalam Pilgub Jateng 2018 mendatang.

“Semoga suasana seperti ini tetap terjaga bukan hanya menjelang pilkada. Tapi juga setelah pilkada karena saya yakin pak Ganjar dan Gus Yasin akan keluar sebagai pemenang,” tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE