Mendagri Ajak Warga Gunakan Hak Pilih Pilkada Serentak 2018

Mendagri Ajak Warga Gunakan Hak Pilih Pilkada Serentak 2018
Ilustrasi Pilkada Serentak 2018. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / WBP Kamis, 14 Juni 2018 | 15:09 WIB

Jakarta – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bakal digelar 27 Juni 2018. Pesta demokrasi memilih pemimpin daerah tersebut digelar di 171 daerah yang terdiri atas 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat menyukseskan pilkada tahap ketiga itu. Salah satu caranya mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih.

“Gunakan hak pilih untuk memilih kepala daerah yang akan menjadi pemimpin daerah dalam lima tahun ke depan,” kata Tjahjo, Kamis (14/6).

Ia optimistis setiap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih berkomitmen menggerakkan roda pembangunan di wilayah masing-masing. “Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menghadirkan rasa aman, tertib dan damai,” ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat, pasangan calon (paslon), tim sukses, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), termasuk tokoh agama agar menjunjung tinggi persatuan. Selain itu, harmonitas kehidupan berbangsa dan bernegara tetap dijaga.

Walau ada perbedaan pilihan politik menurut dia, rasa kekeluargaan dan kekerabatan sepatutnya dijunjung tinggi. “Berbeda pilihan jangan sampai memutus tali persaudaraan. Keberlangsungan hidup masyarakat dan negara harus kita jaga bersama,” tegasnya.

Ia meyakini aparat penyelenggara dan pengawas, pihak keamanan yaitu TNI/Polri dan pemerintah daerah (pemda) akan bekerja profesional. Demikian halnya tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, insan pers dan lembaga-lembaga keagamanan berkomitmen bersatu-padu memelihara iklim kondusif. “Sekali lagi, kami ajak semua pihak agar menghadirkan kesejukan dalam berkompetisi dalam pilkada. Menjauhkan diri dari perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan ajaran agama,” tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE