Obsesi Demokrat Ajukan AHY di Pilpres 2019

Obsesi Demokrat Ajukan AHY di Pilpres 2019
Agus Harimurti Yudhoyono. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / HA Selasa, 10 Juli 2018 | 00:31 WIB

Jakarta - Partai Demokrat (PD) akan terus memperjuangkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar bisa bertarung di pemilihan presiden 2019.

"Obsesi pertama dari demokrat itu AHY. Apakah sebagai cawapres (calon wakil presiden) nanti di tahun ini atau 2024. Itu adalah obsesi Partai Demokrat," kata anggota Majelis Tinggi PD Max Sopacua usai mengikuti rapat di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/7) malam.

Meski menjadi obsesi pertama, Max menjelaskan untuk mencapainya tidak bisa mengandalkan partai itu sendirian. Pasalnya, suara Partai Demokrat tidak cukup untuk memenuhi aturan ambang batas dalam mengajukan calon presiden (Capres). Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mencapai angka minimal 20 persen.

Baca juga: Demokrat Yakin AHY Bakal Jadi Cawapres Prabowo

"Bagaimanapun obsesi tidak ditentukan sendiri oleh partai Demokrat. Kita lihat situasi kondisi yang berkembang di masyarakat maupun di dunia politik kita. Tuhan mengijinkan tidak? Masa orang tampil untuk kalah. Kan enggak mau," ujarnya.

Dia menjelaskan PD belum memutuskan dengan siapa akan berkoalisi, atau siapa Capres yang akan diusung. Masih ada waktu hingga tanggal 4 Agustus untuk menentukan karena tanggal tersebut sebagai awal pendaftaran Capres dan Cawapres.

"Bagaimanapun juga peluang (usung AHY, red) itu ada. Ya peluang itu untuk bicara lanjutan dengan partai koalisi lain. Jadi selalu ada opsi. Entah Demokrat punya opsi apa, apakah opsi kita bisa diterima dengan yang lain? Ya tergantung," tutup Max.



Sumber: Suara Pembaruan