PAN Bantah Tolak AHY Jadi Cawapres Prabowo

PAN Bantah Tolak AHY Jadi Cawapres Prabowo
Anggota Komisi I DPR, Hanafi Rais ( Foto: Beritasatu Tv )
Deti Mega Purnamasari / CAH Jumat, 10 Agustus 2018 | 19:05 WIB

Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais mengaku pihaknya menyetujui seluruh usulan dari partai-partai koalisi terkait dengan calon wakil presiden (cawapres) yang dipilih Prabowo Subianto. Ia membantah PAN telah menolak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Prabowo.

"Kami menyetujui seluruh usulan dari parpol di koalisi ini karena itu kan otonomi kedaulatan masing-masing parpol di koalisi. Kami tidak bisa mencoret, melarang, tapi ketika berembug bersama muncul kompromi ya sudah kami terima sebagai konsensus di sana, kami perjuangkan sama-sama untuk menang," ujar Hanafi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Ia mengatakan, proses politik dalam menentukan cawapres Prabowo, katanya, sebenarnya tidak rumit. Hal tersebut terlihat rumit, katanya, karena dilakukan berhari-hari mengingat untuk melakukan lobi dan membangun kompormi itu membutuhkan waktu.

Ia mengatakan, pihaknya sejak awal berpikiran bahwa sosok yang mendampingi Prabowo ini harus menjalani dan melakoni kehidupan bisnis ekonomi yang rill. Pasalnya, Prabowo selama ini dinilai sebagai representasi keumatan bahkan dianggap diberi mandat ijtimak ulama sebagai capres. Sosok Sandi, katanya, akhirnya menjadi sosok yang tepat untuk mendampingi Prabowo.

Adapun persetujuan PAN atas Sandiaga Uno usai rapat kerja nasional (rakernas) yang mengusulkan cawapres Zulkifli Hasan dan Ustaz Abdul Somad, pihaknya menyampaikan kepada Gerindra dan partai koalisi lain bahwa pihaknya memahami jika Zulkifli Hasan tidak dijadikan cawapres, maka pihaknya mengajak untuk berkompromi.

"Jatuhnya kepada Mas Sandi dengan ketentuan Mas Sandi tidak lagi berkarir di Gerindra kemudian dipersepsikan sebagai sosok yang independen dan bahkan mundur dari wagub gitu. Jadi saya kira itu bisa diterima semua pihak," katanya.

Terpilihnya Sandi sebagai cawapres juga menurutnya akan berimbas positif di pemilihan legislatif nanti untuk PAN. Baik itu pada perolehan kursi di pusat maupun daerah-daerah. Pasalnya ia melihat, segmen PAN juga relatif tidak terjadi gesekan dengan partai lain di koalisi tersebut



Sumber: Suara Pembaruan