PDIP Tak Berikan Ruang Bacaleg Napi Koruptor

PDIP Tak Berikan Ruang Bacaleg Napi Koruptor
Hasto Kristiyanto. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Minggu, 16 September 2018 | 18:26 WIB

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) sejak awal memiliki prinsip‎ tidak akan mengajukan bakal caleg berlatar belakang napi korupsi meski Mahkamah Agung (MA) membatalkan Peraturan KPU sehingga membolehkan napi koruptor mendaftar jadi anggota dewan.

Hal itu dikatakan Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menanggapi wacana dari KPU yang akan menandai eks napi korupsi yang menjadi caleg.

Hasto mengatakan, secara prinsip, partai politik sudah menandatangani komitmen bersama untuk mengedepankan upaya peningkatan kualitas caleg dengan KPU. "Dan bagi PDI Perjuangan, kami secara konsisten tak memberikan ruang bagi mereka-mereka yang mempunyai status koruptor untuk dapat dicalonkan," kata Hasto, Minggu (16/9).

Untuk itu, kata Hasto PDIP sangat mendukung bila semangat itu menjadi semangat bersama. Sebab apapun alasannya, calon legislatif adalah pemimpin nasional yang disiapkan untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

"Bagi kami di PDIP, komitmen dengan KPU, yang ditandatangani para partai politik, sudah cukup. Dan telah diimplementasikan dengan tanggung jawab," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE