Meski Ditertibkan, APK Beberapa Caleg di Kota Bogor Masih Terpasang

Meski Ditertibkan, APK Beberapa Caleg di Kota Bogor Masih Terpasang
Salah satu baliho yang pernah dipasang pada bulan September 2018 lalu di Jalan Raya Tajur, Bogor, Jawa Barat. Bawaslu Kota Bogor tengah menertibkan alat peraga kampanye para caleg sejak Minggu (4/11). ( Foto: Ist )
Ignatius Herjanjam / HS Jumat, 9 November 2018 | 16:28 WIB

Bogor - Semua alat peraga kampanye (APK) dari calon legislatif (caleg) di Kota Bogor, Jawa Barat, seharusnya sudah ditertibkan sejak Minggu (4/11) lalu. Namun, hingga Jumat (9/11), APK dari sejumlah caleg masih terlihat di beberapa wilayah Kota Bogor dan diharapkan bisa segera dibereskan.

Dari pantauan SP, sejumlah daerah di Kecamatan Bogor Tengah dan Bogor Utara masih terlihat APK dari beberapa caleg. APK berupa baliho, spanduk, banner dan poster itu masih terpasang di beberapa ruas jalan dan pemukiman warga. Sayangnya, penertiban APK itu tidak merata sehingga hanya beberapa caleg dari partai tertentu yang digusur.

“Tidak semua spanduk dan poster caleg yang ditertibkan. Baliho yang kami pasang di Bogor Utara sudah ditertibkan dan hanya tinggal rangka bambu, sedangkan caleg lain dibiarkan masih ada,” kata salah satu warga Tegal Gundil, Bogor Utara.

Kondisi yang sama juga terlihat pada beberapa titik di wilayah Kecamatan Tanah Sareal, seperti Kelurahan Sukaresmi dan Kelurahan Kencana. Bahkan, APK untuk caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Persatuan Pembangunan (PPP) terlihat mendominasi di sejumlah ruas jalan. Sedangkan AP caleg dari beberapa partai lainnya juga terlihat tetapi tidak dalam jumlah yang masif.

Baca : Bogor, Radikalisme Mahasiswa, dan Ketegasan Pemimpin (1)

"Ada beberapa titik di Kelurahan Sukaresmi dan Kelurahan Kencana yang masih banyak terpasang baliho. Kami dengar baliho dan spanduk itu akan segera ditertibkan," ujar Cecep, warga di Jembatan Satu, Sukaresmi. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor Yustinus Elias menyatakan, sejak tanggal 4 November lalu baliho, spanduk, banner dan poster yang berkaitan dengan kampanye caleg) sudah ditertibkan.

“Baliho, spanduk, banner dan poster caleg sudah kami tertibkan. Memang ada beberapa spanduk di lima kecamatan yakni Bogor Barat, Bogor Utara, Bogor Tengah, Tanah Sareal, dan Bogor Timur yang ada di beberapa kelurahan masih terpasang. Namun dalam 4 hari ini terus kami tertibkan,” ujar Yustinus, Jumat (9/11).

Baca : PT KAI dan Pemkot Bogor Diminta Pertimbangkan Usaha Warga yang Digusur

Dia menjelaskan ada sejumlah titik yang masih boleh dipasang alat kampanye. “Sesuai PKPU 23 ada sejumlah titik yang boleh dipasangi alat kampanye seperti spanduk, poster, banner maupun baliho. Untuk itu caleg bisa berkoordinasi dengan partai politik, KPUD, atau Bawaslu. Hal itu sesuai dengan kesepakatan antara partai poltik dengan panitia pemilu,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan, untuk pemasangan billboard dan videotron itu juga diatur oleh panitia pemilu. “Untuk billboard atau papan besar setiap partai maksimal boleh mengkampanyekan dua caleg. Caleg-caleg tersebut ditentukan oleh partai,” katanya.

“Kami akan berikan sanksi mulai dari penurunan billboard atau videotron, juga penurunan baliho di titik-titik yang tidak diperbolehkan,”tukasnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE