Ayah Yap Yun Hap Meninggal

Ayah Yap Yun Hap Meninggal
Yun Yie (kanan) sedang mencoba bicara dengan sang ayah, Yap Pit Sing (kiri). ( Foto: Beritasatu.com/ Nadia Felicia )
/ WEB Minggu, 16 September 2012 | 00:44 WIB
Setelah berjuang melawan penyakit hati menahun dan hepatitis B, ayah korban Semanggi II itu pun tutup usia. 

Setelah berjuang melawan penyakit hati menahun yang menggerogoti tubuhnya secara perlahan, Yap Pit Sing, ayah korban Semanggi II, Yap Yun Hap, tutup usia hari Sabtu (15/9), pukul 21.04. 

Kabar tersebut didapatkan redaksi Beritasatu.com dari anak kedua Yap Pit Sing, Ho Yun Yie melalui pesan singkat, malam ini. 

"Papa sudah meninggal hari ini pukul 21:04," begitu pesan yang dikirimkan adik Yap Yun Hap. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Jelambar Agung, dan akan dikuburkan di pemakaman Pondok Rangon, dekat dengan makam Yap Yun Hap, namun belum tahu kapan akan dimakamkan. 

Saat diwawancara pada hari Selasa (11/9) Yun Yie sempat menuturkan kepada Beritasatu.com mengenai kondisi ayahnya yang memburuk sejak tanggal 19 Agustus 2012. 

Menurut istrinya, Ho Kim Ngo, sejak dirawat di rumah sakit, ayah tiga anak itu kerap dikunjungi rekan-rekan perkumpulan korban kekerasan Semanggi I dan II, rekan-rekan satu angkatan Yap Yun Hap, juga dari Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS). 

Beberapa waktu lalu, pesan singkat dari mantan Koordinator KontraS, yang kini mengelola organisasi fasilitator petisi kemanusiaan (change.org), Usman Hamid, juga pemberitaan di salah satu media memberikan jalan donatur yang ingin membantu ayah dari korban Semanggi II itu. 

Meski berat, saat bicara dengan Beritasatu.com, Yun Yie dan ibunya sempat berkata sudah berusaha semaksimal mungkin untuk pengobatan Yap Pit Sing, namun sudah menyerahkan kepada Yang Kuasa untuk yang terbaik.  
CLOSE