Menteri BUMN Dahlan Iskan saat berada di ruang  BK DPR. FOTO: Afriadi Hikmal/ JAKARTA GLOBE
DPR: Luar biasa pencitraan Pak Dahlan ini.

Rapat  Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang memanggil Dahlan Iskan hari ini mengesankan  tidak simpatinya sejumlah anggota komisi terhadap menteri Badan Usaha  Milik Negara (BUMN) dan mantan direktur utama Perusahaan Listrik Negara  (PLN).

Bahkan Wakil Ketua Komisi VII Effendi Simbolon  mengeluarkan komentar yang menilai sikap Dahlan terlalu meringankan  pemanggilan tersebut.

"Pak Dahlan enggak nyatat ya, Pak? Pak,  tolong kalau kita ini sedang akting ya (Bapak) akting juga, tolong  dihargai, Pak," kata Effendi dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan (PDIP), Selasa (13/11).

Sebelumnya Dahlan Iskan  membacakan jawabannya dengan singkat soal inefisiensi listrik PLN pada  tahun 2009 dan 2010 yang dia sendiri menyimpulkan inefisiensi tersebut  bukan penyimpangan namun karena ada substitusi gas ke minyak solar.  Pada tahun 2009 inefisiensi hingga Rp 17,90 triliun dan tahun 2010 menjadi Rp  19,70 triliun.

Tahun 2009, Dahlan mengatakan belum menjadi direktur utama  sehingga dia mempertanyakan Komisi VII yang tak memanggil direktur  sebelumnya.

Namun anggota Komisi VII Alimin Abdullah dari Fraksi  Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan mereka juga bermaksud memanggil  mantan direktur utama Fahmi Muchtar. Dia menyinggung  ramainya media dan orang-orang dari instansi Dahlan yang menyaksikan  rapat hari ini.

"Memang kan luar biasa pencitraan Pak Dahlan ini," kata dia.

Alimin  mengingatkan peristiwa Dahlan marah-marah dan membuka pintu tol  beberapa bulan yang lalu. Menurut anggota fraksi PAN tersebut Dahlan  seharusnya tak perlu 'murka' pada penjaga pintu tol yang pasti tak  berani beradu argumen dengan seorang menteri.

"Pak, kalau anggota DPR ini bisa ngelawan, tapi kalau tukang pintu tol enggak bisa," tutupnya.

Rapat  hari ini dijadwalkan Komisi VII karena dianggap mendesak setelah Dahlan  dua kali mangkir dari undangan rapat yang membidangi energi.

Penulis: /FER