Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan/ Sekretaris Setgab Partai Koalisi.FOTO : Joanito De Saojoao/SUARA PEMBARUAN
"Karena apa? Sosok SBY. Karena Partai Demokrat identik dengan SBY, dan SBY sudah committed akan kampanye untuk Demokrat."

Di tengah anjloknya elektabilitas Partai Demokrat karena banyak kadernya yang tersangkut kasus korupsi, Demokrat kini tidak memiliki pilihan lain kecuali kembali menjual figur Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam menghadapi pemilu 2014.

Anggota Dewan Pembina Demokrat, Syarief Hasan, mengatakan Demokrat sudah ikhlas menerima kenyataan posisi Demokrat yang saat ini tengah terpuruk, tapi percaya bahwa Demokrat nantinya pasti akan pulih kembali jelang pemilu 2014.

"Tidak ada grafik yang selalu naik, tinggal tunggu momennya saja pasti akan ada decline (penurunan). Tapi tak apa, turun sekarang bagus agar nanti naik lagi," kata Syarief, saat berkunjung ke kantor Berita Satu Media Holdings, hari ini.

Beberapa survei belakangan menunjukkan posisi Demokrat yang melorot.

Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), misalnya, menempatkan Demokrat hanya mendapat 11,1 persen, jauh di bawah Golkar yang mendapat 18 persen dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang meraih 11,6 persen. Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga menunjukkan posisi Demokrat yang turun ke peringkat ketiga dengan hanya meraih 13,4 persen.

Menurut Syarief, salah satu strategi Demokrat kembali memenangkan suara rakyat adalah dengan menjual kembali figur SBY yang diyakini masih menjual dan dipercayai rakyat.

Setelah menjalani dua periode, SBY memang tidak bisa lagi masuk dalam bursa pemilihan presiden. Namun, SBY dinilai masih bisa merebut simpati rakyat sehingga Demokrat dapat kembali menggenjot elektabilitasnya.

Pada 2009 Demokrat menargetkan 15 persen namun, kata Syarief, akhirnya berhasil merebut 21 persen. Pada 2004, partainya bisa mendapat 7 persen suara walau Demokrat masih tergolong partai kecil dan baru.

"Karena apa? Sosok SBY. Karena Partai Demokrat identik dengan SBY, dan SBY sudah committed akan kampanye untuk Demokrat," kata Syarief.

Dalam pertemuan silaturahmi nasional Demokrat minggu lalu, Ketua Divisi Hubungan Eksternal, Luar Negeri dan LSM DPP Demokrat, Andi Nurpati, juga mengakui pentingnya peran SBY dalam pemilu nanti.

Andi mengatakan SBY akan siap turun tangan untuk merebut kembali suara Demokrat, dan SBY disebutnya juga meminta Demokrat segera mengorganisasi dan merencanakan strategi, taktik, dan teknis pemenangan pemilu serta menjaga kekompakan.

Penulis: