Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta. (JG Photo/Safir Makki)
Pihak Bawaslu sendiri akan memproses segala pengaduan selambatnya 12 hari setelah gugatan dicatat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan, pihaknya tak akan dimanfaatkan oleh partai-partai gurem yang memprotes hasil keputusan verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap lolosnya 10 partai politik (parpol) menjadi peserta Pemilu. Hingga kemarin, dua partai yang sudah mendaftarkan gugatan kepada Bawaslu adalah PDK dan PBB.

"Mudah-mudahan kekhawatiran itu tidak benar. Setiap orang berhak beropini, tapi Bawaslu harus transparan dan akuntabel, dan tak ada yang tak bisa diliput media. Dan dalam menyelesaikan sengketa harus transparan," kata Ketua Bawaslu, Muhammad S, di Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (9/1).

Muhammad mengatakan, selain dua partai tersebut, diperkirakan masih ada lagi partai-partai yang akan mendaftarkan gugatan hari ini. Namun dia mengaku belum mendapat laporan mengenai parpol yang melayangkan gugatannya hari ini.

"Hingga kemarin, PDK dan PBB. Sudah ada dua partai yang resmi mendaftarkan gugatan," lanjutnya.

Adapun gugatan partai-partai gurem yang dilaporkan ke Bawaslu terhadap KPU antara lain berirsikan protes masalah verifikasi, adanya ketidaksamaan standar yang diberlakukan oleh sejumlah KPU Daerah (KPUD), serta protes mengenai syarat dokumen yang menurut partai tersebut seharusnya sudah layak meloloskan mereka dari verifikasi.

"Misalnya, kalau menurut dokumen partai itu dia memenuhi syarat, tapi KPU anggap ketika diverifikasi tidak ada. Sehingga kita harus pertemukan," lanjut MUhammad.

Bawaslu sendiri, menurut Muhammad, akan memproses segala pengaduan selambatnya 12 hari setelah gugatan dicatat.

Hari ini, Muhammad sengaja bertemu dengan pimpinan DPR, didampingi sejumlah anggota Bawaslu seperti Nasrullah, Daniel Zuchron, Nelson Simanjuntak dan Jajang Abdullah.

Mereka diundang pimpinan dewan untuk membicarakan mengenai agenda pembentukan Bawaslu Aceh, pasca periode Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu daerah tersebut selesai.

Penulis: /WBP