Komisi Pemilihan Umum.
Sesuai hasil verikasi semua dokumen dari enam paket peserta calon Pilgub NTT tersebut satu paket tidak lolos
 
Kupang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT), mengumumkan dan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT sebagai peserta pemilihan kepala daerah di NTT periode 2013-2018.
 
“Sesuai hasil verikasi semua dokumen dari enam paket peserta calon Pilgub NTT tersebut satu paket tidak lolos, karena tidak memenuhi syarat sebagai  pasangan calon  gubernur dan wakil gubernur. Paket yang tidak lolos itu adalah BBM yaitu Benny Bosu-Melkianus Adoe ,” kata juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan, Kamis, (31/1).
 
Menurut Djidon de Haan, KPU NTT, telah menetapkan lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu sesuai dengan ketentuan KPU NTT . sebelumnya kami juga telah meyampaikan tentang kekurangan yang masih harus dilengkapi atas hasil penelitian dokumen itu kepada paket yang tidak lengkap.
 
“Kekurangan dokumen Itu bukan berarti KPU NTT masih memberikan ruang bagi pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur  untuk melengkapinya. Karena tahap perbaikan berkas sudah selesai dan dinyatakan final. Karena itu, pasangan calon yang berkasnya tidak lengkap, tentunya tidak akan lolos sebagai pasangan calon definitive untuk bertarung di tahapan berikutnya,” kata Djidon de Haan.
 
Berdasarkan penyampaian KPU NTT itu, kata Djidon de Haan, setiap pasangan calon sudah mengetahui, apakah pasangannya bisa mengikuti tahap pemilu gubernur selanjutnya atau gugur. “Sehingga yang bersangkutan tidak perlu menghadiri rapat pleno penetapan pasangan calon, bila sudah mengetahui berkasnya masih kurang atau belum lengkap,” jelas Djidon de Haan.
 
Djidon de Haan, enggan menjelaskan tentang berkas pasangan calon yang belum dilengkapi hingga Selasa, (29/1). Pada prinsipnya enam pasangan calon itu memasukan berkas perbaikan sesuai rekomendasi KPU NTT. “KPU NTT sudah lakukan penelitian, namun belum bisa disampaikan ke publik,” kata Djidon de Haan.
 
Setelah penetapan pasangan calon pada 1 Februari 2013, KPU NTT akan umumkan pasangan calon itu ke public yang ditetapkan sebagai peserta pemilu gubernur 2013. Pada tanggal 2 Februari 2013 akan dilakukan penarikan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. “Semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur wajib hadir pada kegiatan penarikan nomor urut,” tambah Djidon de Haan.
 
Lima pasangan yang dinyatakan lolos antara lain, Pasangan  Frans Lebu Raya - Benediktus A Litelnoni (paket Frenly) didukung oleh PDIP, PPP, PKB, Hanura, PKS,  pasangan Esthon L Foenay - Paulus Tallo (paket Thotal) dari partai Gerindra dan PDS.
 
Pasangan Ibrahim Agustinus Medah - Emanuel Melkiades Lakalena (Paket Tunas) dari partai Golkar, pasangan Benny Kabur Harman - Willem Nope (paket BKH-Nope) dari partai Demokrat, partai pelopor, PAN, PPI, Republikan, PDK, PPDI, dan PKPB sedangkan  pasangan perorangan Cris Rotok - Abraham Paulyanto (CristAL).
 

Penulis: /FEB