Ilustrasi Kotak Suara Pemilukada.

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menyatakan, pendaftaran calon legislatif (caleg) akan dimulai pada 9 April 2013 selama dua minggu ke depan.

Syarat pendaftaran, calon harus mendapatkan surat yang ditandatangani pimpinan partai politik (parpol), ketua umum, sekjen maupun pejabat yang diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

"Dimulai 9 April, pengajuan calon, selama satu atau dua minggu," kata Husni di di sela peresmian Pusat Pendidikan Pancasila Mahkamah Konstitusi (MK), di Cisarua, Bogor, Selasa (26/2).

Menurut dia, ketentuan pengajuan caleg tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 10 tahun 2008 yang direvisi menjadi UU Nomor 8 tahun 2011 tentang Pemilu.

Sementara soal pimpinan partai yang seharusnya menandatangani namun mengundurkan diri seperti yang terjadi pada Partai Demokrat (PD) Husni menilai, bisa digantikan pejabat baru atau pelaksana tugas sementara, asalkan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

KPU juga melarang seorang caleg yang mencalonkan di dua Daerah Pemilihan (Dapil) atau lebih. Lain itu, KPU juga mengatur soal politikus yang kini menjadi anggota DPRD yang akan mencalonkan kembali, sedangkan partainya tidak menjadi peserta pemilu 2014.

Penulis: Ezra Sihite/WBP