Pembukaan pameran BLU Expo 2013, gubernur Sumsel Alex Nurdin dan Deputy pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo, di Palembang Square, Palembang, Jumat (23/8)
Sambutan Deputi Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo dalam acara Pembukaan Pameran Perumahan BLU Expo 2013, di Palembang Square, Palembang, Jumat (23/8)

Palembang - Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) bekerjasama dengan sejumlah pengembang dan perbankan, menawarkan rumah murah di pameran Rumah Rakyat "Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU PPP) Expo 2013" yang berlangsung di Palembang Square, Palembang.

Adapun harga rumah yang di tawarkan dalam Pameran Rumah Rakyat BLU PPP Expo 2013 ini, harganya maksimal Rp 88 juta dan dapat dimiliki oleh masyarakat dengan memanfaatkan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) dengan suku bunga 7,25% dan angsuran tetap dengan tenor 20 tahun.

Pembukaan Pameran Rumah Rakyat BLU PPP Expo 2013 ini dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo, di Palembang Square, Palembang, Sumatera Selatan, Jum'at (23/8).

Menurut rencana, pameran rumah murah ini akan dilaksanakan selama satu pekan, mulai tanggal 23 sampai dengan 27 Agustus 2013.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo menyatakan, Kemenpera akan terus mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan KPR FLPP apabila ingin memiliki rumah yang disubsidi pemerintah.

"Kami sangat mengapresiasi semangat para pengembang di Provinsi Sumatera Selatan dalam membangun rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Apalagi rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Sri saat membuka pameran.

Adanya pameran ini, lanjut dia, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni yang banyak dibangun oleh pengembang. Selain itu, juga untuk memberi kemudahan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki rumah yang diinginkan.

"Pameran ini juga bertujuan untuk memperluas kebijakan pemerintah khususnya program KPR FLPP yang dilaksanakan oleh Kemenpera bekerjasama dengan sejumlah bank swasta nasional dan 17 BPD termasuk BPD Sumsel Babel," terangnya

Adanya KPR FLPP, akan semakin mempermudah akses masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah murah dengan patokan harga yang ditetapkan oleh Kemenpera. Harga rumah sejahtera tapak yang ditetapkan Kemenpera di Provinsi Sumatera Selatan paling banyak Rp 88 juta.

"Melalui KPR FLPP masyarakat bisa memiliki rumah dengan suku bunga tetap 7,25% dan bernilai tetap selama jangka waktu KPR termasuk premi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Jangka waktu KPR FLPP maksimal 20 tahun," tandasnya.

Pameran Rumah Rakyat BLU PPP Expo 2013 di Palembang Square, Palembang diikuti oleh 50 peserta meliputi perwakilan pemerintah kota Palembang, Bapertarum PNS, Jamsostek, perbankan penyalur KPR FLPP serta pengembang yang termasuk dalam Apersi dan REI.

 

Investor Daily

Penulis: IMM/FER

Sumber:Investor Daily