Semester II-2016, Properti Membaik

Semester II-2016, Properti Membaik
Properti diperkirakan membaik pada semester II-2016 ( Foto: ist / ist )
Pamudji Slamet / PAM Kamis, 17 Desember 2015 | 21:45 WIB

JAKARTA – Industri properti Indonesia diperkirakan membaik pada semester dua 2016. Pada tahun yang sama perekonomian dunia dan Tanah Air juga bersih dari gejolak.

“Properti itu terkait dengan ekonomi. Kalau ekonomi melemah, akan ikut melemah. Kalau ekonomi membaik, properti juga ikut membaik,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Lippo Homes Ivan Budiono di Cikarang, Kabupaten Bekasi, belum lama ini.

Pada 2016, menurut Ivan, ekonomi dunia akan membaik. “Kenapa membaik? Karena banyak guncangan yang sudah terjadi pada 2015. Lihat saja, harga minyak dan komoditi drop. Keyakinan saya, The Fed (bank sentral AS) akan menaikkan suku bunga, walaupun dengan hati – hati Kalau tidak dinaikkan akan memicu bubbel. Amerika Serikat belajar pada bubble properti 2008,” papar Ivan.

Sejalan dengan membaiknya ekonomi dunia, perekonomian Indonesia juga ikut membaik. Kebijakan ekonomi Pemerintahan Jokowi juga semakin stabil. Oleh karenanya, menurut Ivan, tidak situasi yang bisa memicu gejolak ekonomi sepanjang 2016.

“KInerja Pemerintah Indonesia akan semakin lancar, baik dari segi kebijakan maupun anggaran. Saya tidak melihat akan terjadi gejolak ekonomi pada 2016,” tegas Ivan

Bersihnya 2016 dari gejolak ekonomi, akan mendorong kinerja semua sektor, termasuk properti. Ivan memproyeksikan properti akan membaik pada semester dua 2016. “Namun, sebelum masuk semester dua, konsumen sudah melakukan pembelian. Bahkan, menurut mereka time to buy adalah saat ini, bukan semester dua 2016. Kalau menunggu semester dua 2016, harganya akan naik,” jelas Ivan.

Sumber: Investor Daily
CLOSE