Supra Group Hidupkan Kembali Nuansa Pecinan di Pancoran

Supra Group Hidupkan Kembali Nuansa Pecinan di Pancoran
Presiden Komisaris PT Supra Megah Utama Yusuf Hamdani, baru-baru ini, saat momen seremoni Topping Off ( Foto: IST/Investor Daily / PR )
Imam Suhartadi / IS Minggu, 28 Februari 2016 | 21:04 WIB

Jakarta - PT Supra Megah Utama merupakan member dari Supra Group mempersembahkan Superblock Pancoran Chinatown Point. Di tempat ini akan tersedia Apartemen Lucky Tower Residence, shopping center, dan Cititywalk. Bangunan tematik bergaya arsitektur Lingnan Tiongkok yang dipadu dengan arsitektur Batavia untuk menghidupkan kembali sejarah Pecinan Jakarta.

Presiden Komisaris PT Supra Megah Utama Yusuf Hamdani, baru-baru ini, saat momen seremoni Topping Off, mengatakan optimismenya untuk menghidupkan kembali kawasan Pancoran, Glodok itu sebagai pecinan yang terlengkap di Indonesia.

"Kita turut serta dalam program pemberdayaan kawasan Kota Tua DKI Jakarta. Kawasan Pancoran ini termasuk kawasan Kota Tua. Kita ingin menjadikan Pancoran Chinatown Point ini ikon dan destinasi wisata bernilai historis tinggi. Arsitektur khas Tiongkok sangat kental, digarap oleh arsitek ternama dunia, dan bisa menarik kunjungan wisata di Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (29/2).

Dulu kawasan Pancoran, Glodok dikenal sebagai kawasan Pecinan Jakarta. Kawasan ini merupakan bagian dari Kota Tua Jakarta yang menjadi salah satu tujuan Wisata. Jalan Pancoran Raya, adalah jalan utama yang menjadi nadi Pecinan sepanjang perempatan Asemka hingga Pasar Glodok. Di sini terdapat gerobak-gerobak menjajakan jajanan khas pinggir jalan, juga lapak buku bekas. Semakin dalam, suasana Tionghoa peranakan semakin kental.

Di berbagai lorong terlihat toko-toko yang menjual berbagai barang dagangannya. Ada manisan, permen-permen, kue-kue kering atau basah, perabot rumah tangga, buah-buahan, pakaian, ramuan herbal ala China, empedu kobra, serta produk-produk asal negeri China yang dijamin murah. Warung-warung Chinese food juga bertebaran. Ada Kedai kopi (Kopi Tek Kie) yang sudah buka turun temurun, gado-gado yang melegenda (Gado-gado Direksi), rujak juhi (rujak Shanghai), sekba, nasi campur, serta sayuran khas untuk Chinese Food, seperti jamur, daun pagoda.

Layaknya kampung di Jakarta, sepanjang Pancoran Raya terdapat banyak gang yang bisa dijelajahi. Ada Jalan Petak Sembilan yang hanya bisa dilalui satu arah mobil. Sempit memang, tapi sangat ramai. Selain menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari, jalan yang dipayungi lampion merah ini memiliki toko pernak-pernik orang Tionghoa, semacam patung dewa-dewi, kipas, angpao merah, kembang api, dan lainnya.

Ada juga yang menjual daging kodok. Di daerah Petak Sembilan terdapat Klenteng legendaries (Vihara Dharma Bakti) yang terbuka untuk wisatawan. Beberapa upacara sering dilakukan di sini. Selain Jalan Pancoran Raya dan Jalan Petak Sembilan, ada pula Jalan Toko Tiga, Jalan Pintu Kecil, dan jalan-jalan sempit lainnya yang menarik disusuri dengan jalan kaki.(mam)

Sumber: Investor Daily