Ini Kelebihan Rumah Anti Gempa Produksi Conwood

Contoh rumah modular Conwood. (Beritasatu Photo/Chairul Fikri)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Kamis, 15 Juni 2017 | 20:19 WIB

Jakarta - Makin beragamnya produk material untuk membangun hunian yang murah, kuat dan sederhana, membuat PT Conwood Indonesia sebagai produsen rumah modular tahan gempa mulai melirik pasar internasional.

Dirut PT Conwood Indonesia, Derek Williamson, mengatakan, sebagai langkah awal pengembangan bisnis, pihaknya mengekspor 1.000 rumah modular ke Bangladesh.

"Ekspor yang kami lakukan ini sebagai langkah pengembangan bisnis kami yang memang konsen mengurusi perumahan sederhana. Sebagai langkah awal, kami akan mengirimkan 1.000 rumah modular tersebut ke Bangladesh," ujar Derek, di Cikarang, Kamis (15/6).

Untuk ekspor pertama ini, lanjut Derek, pihaknya mengirimkan tipe rumah dengan ukuran tipe 36 meter persegi (m2) yang ditawarkan dengan harga sekitar R p2,4 juta per m2 atau Rp 86 juta per unit.

"Keunggulan rumah produksi kami adalah materialnya mampu menahan gempa hingga 4 skala richter (SR) dan stukturnya tidak merambatkan api," jelas Derek.

Rumah yang memiliki ketahanan anti gempa dan bisa dibangun hanya dalam waktu 7 hari dengan 7 pekerja ini, tanpa menggunakan bahan material kayu.

"Rumah Conwood tahan gempa, dan lebih kuat dibanding rumah konvensional. Hal tersebut, dikarenakan segi material maupun struktur yang dimiliki oleh Conwood," tambah Derek.

Rumah Conwood ini, lanjut dia, merupakan rumah inovatif pengganti kayu berkelas premium yang terbuat dari campuran semen dan serat selulosa yang ramah lingkungan.

"Rumah ini juga 100 persen bebas asbes sehingga aman bagi kesehatan penghuninya," kata Derek.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT