BPJS Gandeng BTN Bantu Pembiayaan Rumah Pekerja i

Ilustrasi Perumahan

Oleh: / FER | Jumat, 16 Juni 2017 | 20:09 WIB

Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Batam Nagoya menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) dan sejumlah pengembang untuk membantu pembiayaan dan pengadaan rumah pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Program ini bertujuan untuk membantu pekerja meningkatkan kesejahteraan melalui pemilikan rumah yang layak dan terjangkau, sekaligus juga sebagai bentuk sinergi dalam mendukung program sejuta rumah," ujar Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Achmad Fatoni, di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (16/6).

Pembiayaan perumahan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja sama dengan BTN itu berbentuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Kredit Konstruksi bagi pengembang perumahan.

Pembiayaan itu merupakan manfaat layanan tambahan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada pesertanya.

BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya telah menggelar pertemuan dengan perwakilan BTN dan pengembang untuk membahas teknis pemberian manfaat layanan tambahan itu.

"Ini merupakan salah satu manfaat, selain manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan manfaat Jaminan Kematian (JKm). Manfaat Jaminan Pensiun (JP) dan Manfaat Layananan Co marketing," kata dia.

Menurut dia, manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sangat besar, dan ia mengajak pekerja untuk segera mendaftarkan diri.

"Saya imbau, para pekerja dan para pekerja segera mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar dapat menikmati manfaat-manfaat program BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Sementara itu, Kepala bidang pemasaran penerima upah BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Ahmad Fauzan mengatakan program KPR dan PUMP diperuntukkan bagi para pekerja yang belum memiliki rumah Bila peserta BPJS Ketenagakerjaan belum memiliki rumah, maka bisa memanfaatkan fasilitas itu.

Peserta yang mengikuti program JHT, JKK, JKm dan JP dengan masa kepesertaaan minimal satu tahun bisa mendapatkan fasilitas KPR dan PUMP.

Sedangkan bagi pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) atau pekerja informal, bisa mendapatkan program manfaat layanan tambahan pembiayaan perumahan dengan syarat mengikuti tiga program, JHT, JKK dan JKm dengan masa kepesertaaan minimal satu tahun.

 




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT