Mengintip Tampilan Rumah Terkecil di Dunia

Arsitek asal Italia, Renzo Piano, mendesain rumah kecil yang diberi nama Diogene. Rumah ini memiliki luas hanya 7,3 meter persegi. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Minggu, 18 Juni 2017 | 18:41 WIB

Jakarta - Keberadaan rumah dengan ukuran kecil, bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan. Fenomena kebutuhan rumah ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga menjadi masalah global.

Laman portal properti global, Lamudi, melansir sejumah rumah kecil yang tersebar di beberapa negara.

Rumah Terkecil di Colorado

Seorang pria asal Colorado, Amerika Serikat (AS), Christopher Smith, berhasil membangun sebuah rumah dengan ukuran hanya 11,52 meter persegi (m2). Kendati berukuran kecil, rumah tersebut memiliki dapur, tempat tidur, rak buku, dan tempat penyimpanan.

Arsitek asal Italia, Renzo Piano, mendesain rumah kecil yang diberi nama Diogene. Rumah ini memiliki luas hanya 7,3 meter persegi.

Rumah Terkecil di Jerman

Arsitek asal Italia, Renzo Piano, mendesain sebuah rumah kecil yang diberi nama Diogene. Rumah ini hanya memiliki luasan 7,3 meter persegi (m2), dengan interior didalamnya terdapat sebuah ruang keluarga minimalis, ruang keluarga, shower dan tempat tidur.

Menariknya, rumah ini dilengkapi dengan kecanggihan teknologi tenaga surya yang dapat memasok energi dari cahaya matahari, untuk memenuhi kebutuhan rumah minimalis ini.

Rumah Terkecil di Italia

Seorang arsitek dari Italia, Marco Pierazzi, membangun sebuah rumah dengan ukuran 6,9 meter persegi di kota Roma, Italia.

Rumah yang merupakan hunian terkecil di Italia ini, memiliki desain interior yang sangat menarik, dimana penataannya dibuat sangat minimalis dan fungsional.

  Kelompok desain interior, Beijing People's Architecture, berhasil membangun sebuah rumah minimalis di atas sepeda roda tiga, dengan luasan hanya 3 meter persegi.

Rumah Terkecil di Tiongkok

Sebuah kelompok desain interior, Beijing People's Architecture, berhasil membangun sebuah rumah minimalis di atas sepeda roda tiga, di kota Beijing, Tiongkok. Rumah ini, hanya memiliki luas 3 meter persegi (m2).

Sebenarnya, rumah ini sama seperti rumah pada mobil caravan, dimana pada bagian dalamnya terdapat kamar mandi, kamar tidur dan dapur, serta perabotan rumah multi fungsi.

Rumah Super Minimalis di Jerman

Seorang arsitek asal Jerman, Van Bo Le-Mentzal, membangun sebuah rumah sangat kecil dengan ukuran hanya 1,02 meter persegi (m1). Dalam rumah ini, hanya terdapat sebuah kursi.

Kendati demikian, rumah ini bisa digunakan untuk tidur pada malam hari. Cukup dengan mengganti posisi rumah, sturkturnya dapat berubah menjad kasur built-in.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT