IPW: Meikarta Terobosan Realistis, Lippo Piawai Bangun Kota Baru

Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch Ali Tranghanda (BeritaSatu Photo/David Gita Roza)

Oleh: Anselmus Bata / AB | Selasa, 12 September 2017 | 15:35 WIB

Jakarta - Rencana Lippo Group membangun kota mandiri berskala internasional bernama Meikarta dinilai banyak pihak sangat realistis. Pada dasarnya Lippo memiliki kapasitas dan track record.

"Kalau sekarang mau bikin kota baru, saya pikir Lippo bisa, mereka sudah ahli," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda.

Lippo berhasil membangun kota baru di berbagai tempat, misalnya di kawasan Cikarang dan Karawaci. "Mereka pengembang pertama yang mendirikan kota mandiri yang lengkap dari sisi perumahan, komersial, dan industri. Lippo Karawaci dan Lippo Cikarang adalah contoh dua kota sukses yang dikembangkan Lippo," ujar Ali.

Ali Tranghanda mengatakan Meikarta akan menjadi kawasan modern sebagai pengganti Jakarta yang sudah padat. "Kalau kita melihat pemerintah agresif mengembangkan infrastruktur di koridor timur Jakarta, ini tentu menjadi keunggulan bagi Meikarta," katanya.

Commuter line, LRT, hingga pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, menurut Ali, akan menjadi pendukung bertumbuhnya Meikarta sebagai kota baru.

Saat ini di koridor timur Jakarta (Bekasi, Karawang, Purwakarta, hingga Subang) sedang dikembangkan sejumlah proyek infrastruktur. Proyek itu di antaranya kereta cepat Jakarta-Bandung, rencana pengembangan Patimban Deep Seaport, dan Kertajati International Airport. Adanya rencana pengembangan berbagai proyek infrastruktur tersebut dengan sendirinya akan menambah aksesibilitas menuju dan dari koridor timur Jakarta, sekaligus semakin memperkuat economic base yang sekarang ini sedang berkembang di koridor timur Jakarta.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT