Meikarta Menarik Perhatian Dunia

Maket kota mandiri Meikarta. (Istimewa)

Oleh: Anselmus Bata / AB | Kamis, 14 September 2017 | 08:29 WIB

Jakarta - Media-media utama di Eropa dan Amerika memberi perhatian pada pembangunan kota mandiri Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pemberitaan yang dikutip dari Reuters menyebutkan Indonesia sedang membangun kota industri dan pusat ekonomi baru di timur Jakarta dan telah menarik perhatian dunia.

Pemberitaan yang dimuat, antara lain di marketwatch.com, euroinvestor.com, yahoo.com, dan wallstreetselect.com, menyebutkan proyek kota baru tersebut berada di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, terletak di lokasi yang strategis dengan akses transportasi yang mudah dan berjarak hanya 40 km dari Jakarta, serta berjarak 108 km dari kota terbesar keempat di Indonesia, yaitu Bandung.

Pembangunan kota baru Meikarta sejalan dengan pembangunan beberapa proyek infrastruktur oleh Pemerintah Indonesia, yakni kereta cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, light rail transit (LRT), serta jalan tol layang Jakarta-Cikampek.

Kota satelit baru ini akan menghimpunn 5.000 perusahaan lokal dan internasional, serta enam kawasan industri modern. Kawasan ini juga dikenal sebagai pusat industri di Indonesia, yang antara lain memproduksi 1 juta mobil dan 10 juta motor setiap tahun.

Menurut seorang pengamat ekonomi, kota baru Meikarta tidak hanya akan menjadi pusat bisnis di timur Jakarta, tetapi juga pusat aktivitas ekonomi Indonesia. Meikarta dan area sekitarnya akan menjadi boomtown yang sangat penting di Indonesia.

Media-media di Eropa dan Amerika juga melaporkan bahwa pembangunan kota baru Meikarta telah menarik perhatian dunia.
Meikarta disebut sebagai sebuah kota metropolitan baru di Indonesia, sekaligus pusat komersial di masa depan yang akan menarik kalangan pekerja kelas atas. 

Meikarta merupakan wadah berkumpulnya fasilitas berkualitas, seperti pusat perkantoran, kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Meikarta mengacu pada Central Park di New York City, Amerika, Champs Street Prancis, serta perencanaan kota-kota besar dunia yang terkenal lainnya, Meikarta berupaya untuk menciptakan kota kelas satu di Indonesia yang tetap menampilkan unsur khas masyarakat dan budaya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Meikarta juga menyediakan central park seluas 100 hektare, yang di dalamnya terdapat danau, hutan, taman bunga, lintasan joging, serta ruang terbuka hijau.

Untuk transportasi, Meikarta menyediakan jalan bertingkat yang akan memisahkan jalur pejalan kaki dan jalur mobil. Jalur-jalur tersebut membuat perjalanan menjadi lebih cepat, teratur dan aman.

Selain layak dan nyaman untuk dihuni, Meikarta juga akan menciptakan landmark, berupa hotel, gedung perkantoran, serta berbagai bangunan komersial. 

Sejumlah pengamat properti juga menyebutkan harga hunian di Meikarta lebih murah bila dibandingkan rata-rata harga rumah di Jakarta, tetapi memiliki kualitas yang lebih baik. Harga hunian di Meikarta kurang lebih sama dengan harga hunian di wilayah sekitar Bogor, tetapi memiliki lingkungan dan fasilitas yang lebih baik, serta prospek investasi yang lebih bagus.

 

.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT