Karya Desainer Interior Indonesia Tidak Kalah dari Luar

Beragam produk desain interior yang menarik bagi pengunjung dalam ajang pameran Index Mozaik Indonesia 2017. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Minggu, 8 Oktober 2017 | 15:18 WIB

Jakarta - Kalangan generasi muda yang menggeluti dunia desain kreatif mendapat tempat di ajang Index Mozaik Indonesia 2017, dengan tersedianya area Youth Design untuk memajang karya-karya dari calon desainer produk yang masih mengenyam bangku kuliah.

Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Lea Aviliani Aziz mengatakan, karya-karya dari desainer Indonesia tidak kalah dari luar bahkan lebih maju. "Sebagai contoh terlihat dari hasil-hasil yang ditampilkan di HDII Award 2017," kata Lea, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (8/10).

Peserta pameran Index Mozaik Indonesia 2017.

Menurutnya, banyak desainer muda Indonesia yang juga bekerja di perusahaan-perusahaan di luar negeri. "Di satu sisi keren, di sisi lain menyedihkan. Orang-orang yang berkualitas justru pindah ke luar negeri, dengan alasan karya-karya mereka kurang dihargai di negerinya sendiri," paparnya.

Namun demikian, Lea mengakui, masih adanya kekurangan yang menyebabkan desain Indonesia kurang berkembang pesat yakni di sisi pendidikan yang kurang memberikan informasi yang sebenar-benarnya.

"Sehingga melalui ajang Index Mozaik Indonesia 2017 ini, diharapkan ada pencerahan bagi industri, pelaku desain kreatif, pemerintah, dan kalangan akademisi untuk bersama-sama melihat adanya peluang dan kesempatan bisnis di bidang desain interior dan hospitality," tambahnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT