Rumah Subsidi Masih Ramai Peminat

Rumah Subsidi Masih Ramai Peminat
Ilustrasi perumahan. ( Foto: Antara / Mohamad Hamzah )
/ FER Kamis, 6 Desember 2018 | 22:49 WIB

Jakarta - Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan (Himperra), Endang Kawidjadja menyatakan, penjualan rumah subsidi di berbagai tempat dinilai tidak goyah dengan volatilitas kondisi ekonomi.

"Rumah subsidi tidak goyah diterpa badai ekonomi," kata Endang Kawidjadja dalam peluncuran Rumah.com Property Outlook 2019 di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Endang, salah satu penjelasan kenapa rumah subsidi atau tempat tinggal untuk menengah-bawah tidak goyah antara lain karena adanya trickling effect.

"Adanya efek semakin mahalnya harga properti mewah, membuat kalangan yang mampu juga lebih memilih untuk membeli rumah yang lebih murah," jelasnya.

Selain itu, kata Endang, sejumlah program seperti Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dinilai akan membantu pengembangan dan penjualan rumah subsidi, meski pada saat ini masih belum terbentuk badan pengelolanya secara definitif.

Endang juga mengingatkan, latar belakang ketidakpastian standar teknis hasil dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah juga berpotensi menjadi penghambat pembangunan perumahan subsidi pada 2019.



Sumber: ANTARA
CLOSE