Salah satu contoh penataan teras berdasarkan feng shui
Teras penting dalam transisi energi dari luar ke dalam rumah.

Feng shui adalah seni menciptakan lingkungan yang berfungsi meningkatkan kehidupan Anda. Rumah memiliki pengaruh penting dalam kemakmuran, kesehatan, hubungan, dan kesuksesan kita. Salah satu yang terpenting di bagian rumah adalah pintu masuk atau teras, karena bagian ini langsung berpengaruh pada energi yang masuk.

Menurut prinsip feng shui, teras menentukan keseluruhan keberuntungan dan kebahagiaan seluruh keluarga yang menghuni rumah. Feng shui menawarkan “penyembuhan” untuk meningkatkan energi positif.

Berikut enam tips untuk mengatur feng shui di teras rumah Anda.

1. Jaga energi tetap mengalir
Jika di dalam rumah Anda ada tangga, sebaiknya bagian depan tangga tidak menghadap pintu masuk. Aliran energi yang masuk ke rumah akan mengumpul di situ, menjadikan energi tak bisa mengalir ke seluruh ruangan. Jika Anda sudah memiliki tangga yang menghadap pintu depan, tempatkan tanaman atau patung di bagian bawah tangga.

2. Penempatan cermin
Sebuah dinding yang arahnya berlawanan dengan pintu masuk, akan memblokir aliran energi yang masuk ke rumah. Insting Anda mungkin akan mendorong Anda menggantungkan cermin untuk membuka ruang, namun hal ini malah mengembalikan energi keluar dari rumah. Lebih baik tempatkan sebuah lanskap menghadap pintu masuk. Ini akan menarik perhatian mata, memberi kedalaman ruang, dan memberi ilusi bahwa ada pemandangan di balik dinding.

Cermin tetap menjadi aksesoris yang bagus untuk teras, terutama jika kecil dan sempit, dan gelap. Tempatkan di dinding di sisi pintu utama, di ketinggian yang bisa merefleksikan cahaya, untuk membuat pintu masuk terasa lebih luas.

3. Biarkan cahaya berlimpah
Teras seharusnya selalu memiliki sumber cahaya karena cahaya memiliki unsur positif. Temukan perlengkapan lampu yang memberikan cahaya sebanyak mungkin. Jika perlu tempatkan tempat lilin di dinding.

4. Berikan warna Zen
Mengubah warna cat dinding adalah cara termudah untuk membuat teras Anda lebih bersahabat dengan feng shui. Cat pintu masuk dengan nuansa merah untuk menarik energi positif atau hitam untuk menarik kekayaan. Jika teras gelap dan tertutup, cat lorong masuk dengan warna terang dan gunakan aksesoris berwarna cerah.

5. Cegah jangan sampai berantakan
Teras berfungsi sebagai transisi dari dunia luar ke dunia di dalam rumah. Berbagai pernak pernik akan menghentikan energi mengalir dan bisa memberikan efek psikologis yang negatif, jadi penting bahwa energi yang masuk ke dalam tidak terhalang. Jaga teras Anda tetap bersih dan teratur rapi dengan hanya menempatkan perabotan yang penting saja, misalnya menaruh meja konsol yang bisa berfungsi untuk menaruh benda-benda yang tidak perlu dibawa sampai masuk rumah. Hindari menaruh benda-benda seperti sepatu di lantai.

6. Perkuat energi
Kristal memperkuat energi positif dan obat yang biasa digunakan dalam feng shui. Jika pintu masuk Anda berada bagian akhir lorong, seluruh energi dari lorong akan masuk ke dalam rumah. Menempatkan kristal setelah pintu Anda, akan menenangkan energi dan menciptakan lebih banyak aliran yang seimbang. Tambahkan gantungan kristal di dalam ruang yang memiliki tangga yang melintang pintu masuk, untuk menyeimbangkan energi di ruangan.

Penulis: