Salah Satu Rumah Sederhana yang dibangun Pengembang

Alokasi unit rumah tersebut terdiri atas dua model bantuan yaitu rehabilitasi rumah warga serta membangun unit rumah baru.

Kupang - Sebanyak 3000 unit rumah layak huni dialokasikan oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) bagi masyarakat kurang mampu yang ada di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Bantuan tersebut, ditujukan bagi warga miskin di daerah ini selama tahun 2013," papar Jonas Saelan, Wali Kota Kupang di Kupang, Senin, (11/2).

Dengan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Perumahan Rakyat itu, Walikota berharap bisa memberikan kenyamanan bagi setiap penduduk yang mendapatkannya agar bisa menata masa depannya untuk kesejahteraan keluarga masing-masing.

Menurut Jonas, alokasi 3.000 unit rumah tersebut terdiri atas dua model bantuan yaitu rehabilitasi rumah warga yang ada serta pelaksanaan bantuan dengan membangun unit rumah baru.

Menurut dia, pada tahun 2012, bantuan yang sama juga bagi warga Kota Kupang dengan alokasi 255 unit yang hingga saat ini masih dalam proses penyelesaian pekerjaannya.

Dia mengakui bahwa sejumlah kendala yang telah menjadi hambatan proses cepat pelaksanaan pembangunan rumah bantuan pemerintah tersebut karena sejumlah bukti kepemilikan hak atas lahan tempat di mana rumah dibangun, terutama bagi pelaksanaan bantuan berupa rehabilitasi rumah yang ada.

"Untuk pembangunan unit baru tak ada masalah karena Pemerintah Kota Kupang menyediakan lahannya sehingga tidak lagi membebankan pemerintah pusat, termasuk juga bagi masyarakat yang ada," katanya.

Penulis: AFP/ANT/FER