Polisi Imbau Masyarakat Bogor Tidak Takbir Keliling

Polisi Imbau Masyarakat Bogor Tidak Takbir Keliling
Polisi meminta warga turun dari atap bus ketika mengikuti malam takbiran. ( Foto: Antara )
Vento Saudale / FMB Kamis, 14 Juni 2018 | 11:24 WIB

Bogor - Masyarakat Kabupaten Bogor diminta tidak melakukan takbir keliling. Jelang Idulfitri 1439 hijriah, masyarakat diharapkan mengisi malam takbir di masjid-masjid dan tidak turun ke jalan.

“Saya tidak melarang, tapi sebaiknya dilakukan di masjid saja,” kata Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar AM Dicky, Kamis (14/6).

Pihaknya mengkhawatirkan, jika dilakukan takbir keliling akan banyak kemungkinan yang terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebab, biasanya menggunakan truk maupun mobil bak terbuka.

Selain itu, karena pawai takbir melibatkan massa yang tidak sedikit dapat menimbulkan psikologi massa sehingga terjadi aksi tawuran. “Kalau massa saling bertemu bisa terjadi tawuran,” jelasnya.

Pun tetap melakukan, Ia menambahkan, sebelum melakukan takbir keliling sebaiknya masyarakat melaporkan diri kepada kepolisian, sehingga mampu melakukan deteksi awal. “Lapor dulu ke polsek, nanti polisi yang merekomendasi boleh atau tidak,” ujarnya.

Guna melakukan pengamanan Hari Idul Fitri, Polres Bogor menyiagakan 3.000 personel gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, Sat Pol PP, DLLAJ dan sukarelawan akan di sebar di pos keamanan dan pos siaga dan pengatur (gatur) di wilayah Kabupaten Bogor.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE