Dompet Dhuafa Salurkan Zakat Fitrah ke 15.000 Mustahik

Dompet Dhuafa Salurkan Zakat Fitrah ke 15.000 Mustahik
Zakat fitrah. ( Foto: Antara )
Happy Amanda Amalia / PYA Kamis, 14 Juni 2018 | 20:50 WIB

JAKARTA – Dompet Dhuafa (DD) menggelar program Tebar Zakat Fitrah (TZF) yang akan disalurkan kepada 15.000 mustahik. Ini merupakan program pengadaan dan penyaluran beras zakat fitrah yang diamanahkan muzakki – orang atau badan yang dimiliki orang Muslim yang berkewajiban menunaikan zakat – kepada mustahik – orang atau badan yang berhak menerima zakat ke wilayah pemberdayaan masyarakat yang dikelola Karya Masyarakat Mandiri (KMM). Program tersebut juga memiliki semangat gerakan membeli beras langsung dari petani.

Menurut Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan, perpaduan antara pelaksanaan kewajiban untuk menunaikan zakat fitrah dan pemberdayaan masyarakat dhuafa-lah yang menjadi ciri khas program ini. Pasalnya, dengan berzakat fitrah melalui TZF berarti memberdayakan masyarakat petani miskin yang selama ini didampingi oleh KMM.

Untuk turut berpatisipasi dalam program ini, lanjut Imam, muzakki cukup menyerahkan dana sebesar Rp50.000 kepada Dompet Dhuafa dengan niat menunaikan zakat fitrah. Kemudian Dompet Dhuafa melalui KMM akan menyalurkan zakat fitrah tersebut dalam bentuk beras seberat 3 kg kepada mustahik di wilayah-wilayah program pemberdayaan dilakukan.

“Menunaikan zakat fitrah menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu juga dapat memberi manfaat secara langsung bagi petani, amil, dan mustahik penerima manfaat program demi memudahkan pembagian karena sudah dikemas sesuai standar,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (14/6).

Ada pun paket Tebar Zakat Fitrah tersebar di 16 propinsi yang terdiri atas 40 kabupaten di Indonesia mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan hingga Papua Barat.

Pendistribusianya dilakukan secara koordinasi dengan jaringan Dompet Dhuafa untuk mendata dan melakukan seleksi calon penerima manfaat beras Zakat Fitrah supaya pengaturan distribusi dapat berjalan secara efisien dan efektif ke titik sasaran.

Tidak sekedar menyalurkan zakat fitrah, karena program Tebar Zakat Fitrah dapat menjadi sarana untuk memperluas jangkuan program bagi penerima manfaat (mustahik) dengan biaya kecil dan waktu yang lebih pendek. Program tersebut juga dapat menjadi pendorong bagi pemasaran produk pertanian dengan nilai tambah lebih serta menyambungkan muzzaki untuk menyalurkan kewajiban zakatnya pada kelompok yang berhak.

Pada Ramadhan 1439 H ini, penyaluran zakat fitrah Dompet Dhuafa USA dilakukan ke Dusun Motean dan Lempong Pucung di Pulau Nusakambangan. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar dua jam dari Pelabuhan Cilacap dengan membawa beras amanah dari para muzakki sebanyak 1,5 ton guna disalurkan kepada kaum dhuafa.

Ada pula yang disalurkan melalui Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah kepada 300 kepala rumah tangga. Penyaluran beras program ini dibantu dengan menggunakan 11 sepeda motor trail dari Komunitas Trail Ketol (KTL Adventure).



Sumber: Siaran Pers
CLOSE