Menyantap Lumpia Semarang yang Legendaris

Chyca Fakhrunnisa / SHI Kamis, 31 Mei 2018 | 17:05 WIB

Tahukah Anda bahwa lumpia memiliki keterkaitan yang erat dengan etnis Tionghoa? Rupanya, dibalik kelezatannya, makanan khas Semarang ini memiliki sejarah panjang yang melegenda.

Lumpia bermula hadir di Indonesiapada abad ke-19. Dibawa oleh lelaki Tiongkok bernama Tjoa Thay Joe yang lahir di Fujian, yang merupakan salah satu provinsi di pesisir selatan Republik Rakyat Tiongkok. Kemudian ia hijrah ke Semarang dan memutuskan untuk tinggal dan menetap di sana.

Bermodalkan pengalaman mahir membuat lumpia di negeri asalnya, ia memberanikan diri membuka bisnis makanan khas Tionghoa. Namun ia tak sendirian.

Ia bertemu dengan seorang asli Jawa bernama Wasih yang ternyata juga berjualan makanan yang hampir mirip dengan lumpia miliknya. Hanya saja rasanya lebih manis dan berisikan kentang, juga udang.

Bukannya bersaing, mereka justru malah saling jatuh cinta dan kemudian menikah. Bisnis yang dijalankan pun akhirnya dilebur menjadi satu. Mereka mengkombinasikan kedua cita rasa Tiongkok yang dipadu dengan cita rasa Jawa sehingga menciptakan rasa lumpia yang selama ini kita jumpai.

Seiring berjalannya waktu, makanan khas Semarang ini mulai bervariasi. Ada lumpia basah, lumpia kering atau lumpia goreng, lumpia ayam, lumpia udang, lumpia rebung, lumpia bandeng, sampai lumpia sayuran. Bahkan makanan ini sudah merambah hingga ke Nusantara. Lantas, sebetulnya apa yang membuat lumpia Semarang begitu terkenal?

Memang isi lumpia boleh saja berbeda. Namun kualitas kulit lumpia itu sendiri yang menjadi penentu cita rasanya. Untuk itu, perlu diperhatikan dengan baik saat pengolahannya.

Pertama pastikan adonan diaduk rata supaya tidak ada yang bergerindil. Kemudian, gunakan wajan datar yang anti lengket agar kulit lumpia tidak menempel dan menjadi rusak.

Selanjutnya pastikan kulit lumpia jangan terlalu tebal sebab jika tebal akan mempengaruhi tumpukan kulit di semua sisinya. Yang terakhir, masaklah dengan api kecil karena kulit lumpia sangat cepat matang. Mudah bukan?

Tak perlu berlama-lama. Langsung saja kita simak bagaimana membuat lumpia tahu yang lezat dalam video Chop and Cooks kali ini.