Nikmati Sensasi Menyegarkan Es Kopyor untuk Berbuka

Bunga Aprillia Rafsanzani / SHI Kamis, 7 Juni 2018 | 19:29 WIB

Siapa yang tak kenal es kopyor. Minuman satu ini paling diminati banyak orang ketika bulan puasa tiba. Es kopyor memang memiliki sensasi kesegaran tersendiri dan cara membuatnya pun mudah.

Tapi, tahukan Anda nama es kopyor diambil dari kelapa kopyor yang memiliki kelainan genetik pada buah kelapanya? Disebut kelainan karena “daging buah” kelapa ini terlepas dari tempurungnya.

Jumlah air kelapanya pun sedikit dan mempunyai aroma khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Hal ini disebabkan mutasi yang terjadi tiba-tiba di bagian mayang (alat reproduksi) pada saat pembuahan.

Jika Anda ingin mengenali jenis kelapa kopyor, cara paling mudahnya adalah dengan menggoyangkan-goyangkannya ke kiri dan ke kanan. Nah, jika Anda mendengar bunyi seperti terisi pasir dan bukan air, maka bisa disimpulkan bahwa itu adalah kelapa kopyor.

Kelainan genetik pada kelapa ini justru menjadi kelezatan tersendiri dibanding kelapa biasa. Apalagi, dagingnya yang empuk dapat dinikmati oleh segala usia.

Segala jenis es tentu menjadi hidangan yang paling ditunggu sebagai takjil. Apalagi es kopyor ini. Parutan daging kelapa yang dipadukan dengan sirup dan serutan es, mampu menjadi hidangan yang menyegarkan sekaligus ringan.

Jadi, tunggu apalagi? Saatnya hidangkan es kopyor untuk menu berbuka Anda. Simak resepnya di video Chop and Cooks satu ini.



CLOSE