Lezatnya Ayam Taliwang Khas Lombok Pas Lebaran

Bunga Aprillia Rafsanzani / SHI Senin, 18 Juni 2018 | 23:15 WIB

Lebaran datang! Ini saatnya berkunjung ke rumah keluarga besar dan kerabat untuk bersilaturahmi.

Selain silaturahmi, biasanya apa yang ada di benak Anda saat Lebaran tiba? Pasti pikiran langsung terbayang dengan hidangan khas hari raya. Ketupat dan opor ayam biasanya menjadi andalan. Tapi, apakah Anda tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja setiap tahunnya?

Karena Lebaran sering diidentikkan dengan sajian berbahan ayam, seperti opor ayam atau rendang, Anda bisa membuat menu yang berbeda. Ayam bisa diolah menjadi hidangan istimewa sehingga keluarga makin semangat merayakan Lebaran.

Agar beda dari biasanya, tidak ada salahnya jika tahun ini Anda coba membuat resep hidangan tradisional, seperti ayam taliwang sebagai teman ketupat.

Biasanya masyarakat di Lombok menikmati ayam taliwang dengan sambal beberuk. Ini merupakan sambal khas Suku Sasak yang dibuat dari campuran cabai, tomat, bawang merah, serta terung hijau yang berbentuk bulat.

Sambal beberuk tidak terlalu pedas, namun terasa segar karena semua bahan sambal ini berbahan mentah. Untuk sambalnya bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Lebaran selalu saja ada makanan berlemak dan bersantan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Ini menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan juga. Saat memasak, gunakanlah bahan-bahan yang kandungan lemaknya lebih rendah. Seperti, santan kental yang dapat diganti dengan susu rendah lemak atau sari kedelai.

Buatlah Lebaran kali ini beda dari biasanya dengan sajian menu yang tak kalah lezat dan tentunya menyehatkan. Untuk tahu resep ayam taliwang, lihat di video berikut ini. Selamat mencoba, semoga keluarga di rumah suka!