Ada “Wonderful Indonesia” di Lapangan Merah Moskow

Ada “Wonderful Indonesia” di Lapangan Merah Moskow
Bus wisata "Wonderful Indonesia" berada di Lapangan Merah, Moskow, Rusia. ( Foto: Istimewa / KBRI Moskow )
Asni Ovier / AO Senin, 4 Juni 2018 | 21:49 WIB

Moskow - Bus wisata hop on hop off yang berkeliling di pusat Kota Moskow, Rusia, dengan hiasan bertuliskan “Wonderful Indonesia” parkir di Lapangan Merah, di samping Istana Kremlin. Bus berhenti di tempat itu untuk menaikkan dan menurunkan para wisatawan lokal dan asing.

Berdasarkan siaran pers Kedutaan Besar RI (KBRI) Moskow yang diterima di Jakarta, Senin (4/6), disebutkan bus bergambar Candi Borobudur dengan logo “Wonderful Indonesia” dan “Asian Games 2018 Jakarta-Palembang” itu mengaspal dan menelusuri jalan-jalan utama di Ibu Kota Rusia ini mulai 1 Juni hingga 20 Juni 2018.

Tulisan “Wonderful Indonesia” pada bus yang berhenti di Lapangan Merah tersebut menarik perhatian orang-orang, termasuk turis yang berkunjung ke tempat itu. Desain gambar sangat kontras dengan latar belakang St Basil's Cathedral, salah satu ikon yang paling terkenal tidak hanya di Moskow dan Rusia, tetapi juga dunia.

Satu bus wisata lainnya bergambar objek wisata Bali menelusuri jalur-jalur utama pada rute berbeda mengelilingi Kota Moskow. Keberadaan kedua bus “Wonderful Indonesia” itu merupakan bagian dari promosi pariwisata Indonesia di Rusia yang dilakukan Kementerian Pariwisata RI. Selain melalui kedua bus tersebut, “Wonderful Indonesia” akan menyapa warga Moskow melalui sebuah papan iklan digital di dua tempat strategis, yaitu Novy Arbat dan Yerevan Plaza pada periode 15 Juni-16 Juli 2018 mendatang.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata RI, iklan promosi “Wonderful Indonesia” juga akan dilakukan di St Petersburg, salah satu kota wisata utama dan kota terbesar kedua di Rusia. Sebanyak 17 unit bus besar dengan hiasan gambar-gambar lokasi wisata Indonesia akan beroperasi mulai 18 Juni hingga 9 September 2018, dan 4 unit bus besar lainnya pada 18 Juni sampai 19 Agustus 2018. Sedangkan, 4 unit bus mini akan beroperasi pada periode 18 Juni-15 Juli 2018. Bus-bus tersebut akan menelusuri berbagai jalur utama dan jalan tersibuk di St Petersburg.

Moskow dan St Petersbug merupakan kota tujuan utama kunjungan masyarakat Rusia dan juga dunia. Pada Juni-Juli 2018 kedua kota tersebut akan sangat semarak dengan adanya pesta sepak bola dunia, Piala Dunia 2018. Promosi “Wonderful Indonesia” sangat tepat dilakukan di kedua kota ini.

Pada 2017, sekitar 24,5 juta orang asing berkunjung ke Rusia yang sebagian besar ke Moskow dan St Petersurg. Sementara, kunjungan warga Rusia ke luar negeri selama 2017 sekitar 39,6 juta orang.

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi mengatakan, promosi budaya dan pariwisata Indonesia di Rusia gencar dilakukan. Pada akhir April dan Mei 2018 telah diselenggarakan rangkaian kegiatan Festival Kuliner Indonesia di Moskow dan pagelaran budaya Indonesia dengan menampilkan wayang kulit Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji di St Petersburg, Moskow, dan Korolyov, Moskow Region.

“Melalui “Wonderful Indonesia” ini diharapkan masyarakat Rusia dan turis asing yang sedang berada di Rusia semakin mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satu bentuk lain promosi budaya dan pariwisata Indonesia di Rusia adalah penyelenggaraan Festival Indonesia ketiga di Moskow pada 3-5 Agustus 2018,” kata Dubes Wahid.

Rusia merupakan negara potensial bagi pariwisata Indonesia. Jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata RI, wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2017 sebanyak 110.529, naik 37,28% dari 2016 yang tercatat sebanyak 80.514 orang. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi di antara wisatawan negara-negara lainnya yang berkunjung ke Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE