Kempar Dorong Pemda Prioritaskan Promosi Destinasi Wisata

Kempar Dorong Pemda Prioritaskan Promosi Destinasi Wisata
Ilustrasi wisatawan mancanegara. ( Foto: Antara )
Chairul Fikri / FER Selasa, 5 Juni 2018 | 22:48 WIB

Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kempar), mengharapkan pemerintah daerah (Pemda) harus punya destinasi prioritas untuk dikembangkan sebagai sebuah obyek wisata agar bisa mendatangkan turis baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kempar sangat mengapresiasi komitmen pemda dalam mengembangkan pariwisata dengan makin banyaknya daerah yang mulai mengenalkan potensi wisata di daerah agar bisa dikunjungi wisatawan. Namun, banyak daerah yang masih belum faham bahwa potensi yang mereka kenalkan masih banyak kekurangannya. Oleh sebab itu, kami berupaya memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada daerah untuk bisa menentukan destinasi wisata agar ramai dikunjungi wisatawan," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kempar, Dadang Rizki Ratman, saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (5/6).

Dadang menambahkan, pemda harus paham ada beberapa faktor yang harus dilakukan dalam mengenalkan potensi wisata agar bisa jadi sebuah destinasi.

"Ada tiga faktor sebuah potensi wisata bisa dijadikan sebuah destinasi wisata dan bisa dijual. Pertama, destinasi wisata itu sudah pernah dikunjungi oleh wisatawan dari daerah luar bukan hanya wisatawan lokal. Kedua, adanya akses ke lokasi wisata yang diperkenalkan, termasuk pembangunan infrastruktur di lokasi wisata misalnya ada toilet yang bersih, ada fasilitas tempat berjualan makanan dan kuliner, adanya tong sampah dan lahan parkir. Bila sudah ada dua unsur itu potensi wisata yang ada didaerah bisa dikembangkan dan dijual," tambahnya.

Menurutnya, selain dua faktor tersebut, faktor ketiga adalah adanya badan pengelola di sebuah destinasi.  Badan pengelola ini, bisa dari pihak pemda, swasta maupun pemerintah desa/kelurahan dimana destinasi wisata berada.

"Ini penting, karena badan pelola itulah yang nantinya akan menjadi pengontrol sebuah destinasi. Badan tersebut juga yang nantinya akan berperan untuk menjaga keaslian sebuah destinasi dan mengembangkannya agar layak dikunjungi wisatawan. Pemda tentunya harus punya prioritas jika menginginkan sektor pariwisatanya maju," kata Dadang.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE