Seorang pedagang memotong daging sapi dagangannya di Pusat Pasar Medan, Sumut.

Hidangan berbahan dasar daging selalu mengundang selera untuk menikmatinya.

Selain luwes divariasikan dengan berbagai bahan lain, hasil sajian berbahan daging dipastikan selalu tercipta dengan lezat.

Namun, jika cara mengolah dan menyimpan daging kurang tepat, bukannya menjadi sajian nan nikmat, malah bisa-bisa daging tersebut malah mengundang penyakit.

Berikut ini, ada panduan tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat menangani daging.

- Pastikan selalu untuk membeli daging ditempat yang higienis.

- Setelahnya, langsung bersihkan daging sesampainya dirumah. Segera cuci dibawah aliran air agar kotoran yang melekat dapat larut bersama air.

- Masukan terlebih dahulu daging ke dalam lemari pendingin selama lebih kurang 15 menit. Biarkan suhu mengalir rata ke bagian dalam daging. Setelahnya, pindahkan daging ke dalam Freezer.

- Periksa selalu temperatur lemari pendingin dan freezer. Ushakan setelan suhu tidak terlalu rendah agar daging dapat mengalami proses pembekuan dengan baik.

- Ingatlah selalu untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah daging. Pastikan juga setiap peralatan masak dan kondisi dapur dalam kondisi higienis, agar daging dapat terhindar dari kontaminasi bakteri.

- Cairkan daging yang telah membeku sebelum dimasak. Jika terdapat sisa, jangan masukan ke dalam Freezer. Sisa daging akan lebih baik kondisinya, jika disimpan dalam lemari pendingin.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Taste