Nelayan tengah memisahkan rumput laut usai dipanen.
Rumput laut bisa diolah menjadi aneka ragam makanan ringan seperti rengginang kerupuk serta dodol.

Rumput laut diolah menjadi minuman mungkin sudah biasa bagi kita. Namun di tangan para pengusaha industri rumah tangga di Nusa Tenggara Barat, rumput laut bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan.

Suparno, staff seksi pengolahan makanan laut di Dinas Kelautan Provinsi NTB mengatakan rumput laut bisa diolah menjadi dodol, rengginang, dan kerupuk. Selain itu rumput laut juga bisa diolah menjadi dodol, apalagi cara pembuatannya cukup gampang dan sederhana.

Rumput laut kering direndam beberapa jam dan kemudian diblender dengan gula, perasa dan asam sitrat, kemudian dimasak di api kecil hingga mengental. Setelah matang dodol dicetak dan dijemur lagi satu sampai dua hari untuk kemudian siap dikemas.

Menurut Suparno, rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap termasuk air, protein, karbihidrat, lemak, serat kasar, asam nukleat, vitamin dan makro mineral.

Dodol rumput laut banyak diproduksi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) di NTB. Sayangnya, karena keterbatasan modal membuat para pengusaha dodol rumput laut tidak bisa memasarkan produk mereka secara luas.

"Semoga pemerintah pusat bisa membantu promosi produk olahan rumput laut sehingga semakin banyak dikenal orang," ujar Suparno, ketika ditemui di pameran industri lokal, Jakarta, Kamis (20/10).

Penulis: