Membuat Sendiri Kornet di Rumah
Kornet merupakan makanan berbahan daging yang kaya protein

Bagi sebagian kalangan ibu rumah tangga, daging kornet merupakan bahan makanan yang biasa dihidangkan sebagai campuran berbagai makanan lainnya seperti perkedel, mie rebus, telur dadar, nasi goreng, spagheti dan sup tahu.

Kalau di pasar modern atau hypermarket, biasanya kornet banyak dijumpai dalam bentuk kalengan maupun dalam kemasan plastik mini. Nah, untuk yang ingin mencoba bikin sendiri di rumah, bisa dicoba resep yang ada di bawah ini.

Bahan Dasar :
500 gram daging segar
9 gram garam
1,5 gram nitrit
gula 1-2% (6 gram)
susu full cream 4 sdm
air mendidih.

Bumbu :
1,5 gram merica halus
1,5 gram pala halus
1 buah tomat segar
3 siung bawang merah

Cara Membuat :
Pembuatan kornet diawali dengan proses curing atau penggaraman. Potong-potong daging sapi menjadi ukuran kecil-kecil. 

Setelah di potong, tambahkan garam, gula pasir dan nitrit. Lanjutkan dengan mengaduk daging dengan tiga bumbu tadi secara merata.

Selanjutnya, simpan daging yang telah bersih tersebut selama lebih kurang 24 jam agar bumbu dan garam meresap secara merata.

Setelah 1 hari, daging yang telah dicuring, selanjutnya dicuci dengan air hingga bersih agar nitrit yang menempel pada daging tidak banyak yang tertinggal.

Tambahkan merica dan pala ke dalam daging yang telah dicuring tadi. Lanjutkan dengan memasaknya menggunakan press cooker (panci 'presto') selama 30 menit sampai empuk dan airnya habis. Kornet telah jadi dan siap digunakan untuk pelengkap makan sehari-hari

Penulis: /WBP

Sumber:dailyreceipt