Pudding Labu Kuning
Labu kuning memiliki kandungan gizi yang cukup kaya serat dan beta karoten.

Siapa bilang pemanfaatan labu kuning hanya terbatas pada olahan makanan tradisional. Labu kuning atau yang lebih dikenal dengan sebutan waluh tak hanya sekedar menjadi kolak, atau jenis makanan rakyat biasa lainnya.

Labu kuning ternyata dapat diolah menjadi tepung dan hal tersebut bukanlah hal baru. Banyak masyarakat tradisional yang telah melakukan pengolahan itu. Hanya saja bahan makanan ini tak terlalu populer.

Padahal dalam bahan makan tersebut memiliki kandungan gizi cukup kaya. Labu kuning memiliki kandungan gizi yang cukup kaya serat dan beta karoten.

Lagi pula dalam bentuk tepung, pengolahan makanan pun bisa bervariasi, memungkinkan menghadirkan sajian labu kuning dalam tampilan modern, tak kalah dengan hidangan barat, dan tetap bercita rasa tinggi. Berikut adalah salah satu kreasi untuk memanfaatkan tepung labu kuning.


Puding Karamel labu Kuning

Bahan:


300 ml susu
25 g tepung labu kuning
2 butir telur ayam
40 g gula pasir
50 g gula pasir dibuat karamel
vanili bubuk secukupnya

Cara Pembuatan :
Cairkan tepung labu kuning dengan sedikit susu, aduk, kemudia campur dengan semua susu, diberi gula pasir lalu aduk.

Pecahkan telur ayam, dikocok sampai tercampur rata lalu masukkan ke dalam susu, aduk, beri vanili aduk rata kemudian sisihkan.

Sementara itu, dalam panci terpisah buat karamel dari gula pasir yang dilelehkan di atas api kecil.

Siapkan 3 buah mangkuk tahan panas, masing-masing tuangi dengan karamel lalu tuangi dengan adonan campuran susu dan telur, letakkan dalam loyang yang diberi air kemudian panggang dalam oven hingga matang selama 5 hingga 7 menit.

Setelah matang, hias puding sebelum disajikan. Penyajian dingin pun tak kalah nikmat



Penulis: /WBP

Sumber:healthydessertrecipestips