Kentucky Fried Chicken

Resep Paling Rahasia Sedunia KFC Bocor?

Kentucky Fried Chicken (Fox News)

New York — Apakah keponakan Kolonel Sanders secara tak sengaja telah membuka rahasia 11 bumbu dan rempah yang menjadi fondasi kerajaan KFC?

Kentucky Fried Chicken mengatakan resep yang dipublikasikan oleh Chicago Tribune itu tidak asli. Namun tetap saja muncul spekulasi di internet bahwa resep yang menjadi salah satu rahasia yang paling legendaris dan paling ketat dijaga di dunia itu telah bocor.

Semua dimulai ketika seorang wartawan menemui Joe Ledington, keponakan pendiri KFC Kolonel Harland David Sanders.

Wartawan tersebut sedang menggarap berita travel tentang Corbin, Kentucky, di mana sang Kolonel untuk pertama kali menyajikan ayam gorengnya. Dalam satu kesempatan, Ledington mengeluarkan sebuah buku berisi wasiat terakhir istri kedua Sanders, Claudia Ledington.

Di belakang dokumen itu terdapat tulisan tangan daftar 11 bumbu dan rempah untuk dicampur dengan dua cangkir tepung. Joe Ledington awalnya menyampaikan ke si wartawan bahwa resep itu asli, namun kemudian dia mengatakan tidak yakin.

KFC — anak perusahaan Yum Brands Inc. — menyebut resepnya merupakan "salah satu rahasia dagang terbesar di dunia." Perusahaan mengatakan bahwa apa yang dilihat wartawan itu bukanlah resep asli.

"Banyak orang telah membuat klaim seperti ini selama bertahun-tahun dan tak satu pun akurat -- tidak juga yang ini," kata KFC dalam pernyataannya.

Perusahaan yang bermarkas di Louisville, Kentucky itu menambahkan bahwa resep orisinil tahun 1940 yang ditulis tangan oleh Sanders terkunci dalam lemari besi yang disimpan dalam beton setebal dua kaki dan dimonitor 24 jam sehari lewat video serta dilengkapi sistem sensor gerakan.

Resep rahasia KFC disimpan di lemari besi dengan penjagaan ketat. (Fox News)









Heru Andriyanto/HA

AP