Molten Chocolate Cake, kue lembut dengan lelehan coklat yang menggiurkan
Molten Cakes ini juga dikenal sebagai Chocolate Lava Cakes, yang rasanya kaya akan coklat, serta teksturnya padat dan lembut.

Menu dessert ini dianggap mirip souffle, serupa dengan kue, seperti brownie, juga mirip mousse dan puding. Hal itu karena semua karakteristik tersebut ada pada Molten Chocolate Cakes.

Molten Cakes ini juga dikenal sebagai Chocolate Lava Cakes atau kue lava coklat, yang rasanya kaya akan coklat, serta teksturnya padat dan lembut. Kue ini akan mengembang secara cantik saat dipanggang. Tapi saat dikeluarkan dari oven, kue ini memang agak mengempis.

Juru masak asal New York, Jean-Georges Vongerichten, dianggap sebagai pencipta kue ini pada tahun 1987. Ceritanya berawal saat ia mengambil kue yang ternyata belum matang dari oven.

Seperti namanya Molten Chocolate Cakes (molten artinya lelehan), biasanya kue ini disajikan saat panas, dengan saus coklat dan eskrim vanila, atau whipped cream yang lembut dan bisa juga dengan cream fraiche yaitu krim campuran mentega dan keju.

Sisa Molten Cakes ini bisa disimpan di kulkas dan dimakan dingin-dingin pada keesokan harinya atau dipanaskan di microwave. Satu hal yang harus diperhatikan adalah kue Molten ini sangat kental dengan rasa coklatnya, jadi pastikan Anda menggunakan dark chocolate berkualitas bagus.

Anda bisa menggunakan coklat bittersweet atau semi sweet, tapi pilihlah coklat yang membuat adonan coklat mengkilap, yang menandakan coklat itu sudah masak pada temperatur yang tepat.

Untuk mengantisipasi jenis coklat yang mungkin agak sulit didapatkan dan harganya mahal, Anda bisa menggunakan coklat couverture, yaitu coklat berkualitas baik yang gampang meleleh dan biasa dijual di Toko Bahan Kue.

Namun, sebagai alternatif lebih sederhananya, Anda bisa memodifikasi coklat bittersweet atau semi sweet dengan menggunakan dark cooking chocolate yang ditambah dengan coklat bubuk.

Saat membuat kue ini, Anda bisa menggunakan ramekin, custard cups atau alumunium muffin. Kue ini bisa langsung disajikan di ramekin. Tapi kalau Anda ingin memindahkan dari cetakannya, Anda harus mengolesi cetakan ramekin atau mangkuk kecil dengan mentega sehingga kue itu bisa mudah lepas.

Panggang kue sampai matang, walau di tengahnya akan terlihat basah dan agak meleleh. Anda mungkin bisa melihat retakan di atas permukaan kue. Sambil kue itu mendingin, saus coklat di dalamnya akan semakin matang.

Adonan coklat dapat dibuat beberapa jam sebelum dipanggang. Jadi Anda bisa mempersiapkannya beberapa jam sebelum keluarga atau tamu datang. Saat mereka tiba, Anda dapat langsung memanggangnya sehingga sambil menunggu Molten Cakes matang, Anda bisa berbincang-bincang sambil ditemani wanginya aroma coklat panggang yang menggiurkan. Voila! Tak terasa kue Anda sudah matang.

Bahan:
113 gram unsalted butter
170 gram coklat semi-sweet atau bittersweet, dipotong-potong
    3 butir telur agak besar
 65 gram gula halus
   1 sendok teh ekstrak vanila murni
 1/8 sendok teh krim tartar

Cara Pembuatan:
Lelehkan mentega dan coklat. Setelah leleh (jangan mendidih), singkirkan dari panas kompor

Kocok kuning telur dan 65 gram gula hingga mengembang dan berwarna pucat. Tambahkan ekstrak vanila dan campur dengan lelehan campuran mentega dan coklat.

Pada mangkuk bersih yang lain, kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan krim tartar dan terus kocok hingga soft-peak, artinya adonan mengembang dengan tekstur lembut (atau kalau spatula dinaikkan, adonan membentuk jambul petruk).

Masukkan kocokan putih telur pada adonan coklat dan aduk dengan spatula. Jangan dikocok dengan mikser karena akan membuat adonan mengempis.

Tuang ke dalam ramekin atau mangkuk panggangan selama 10 hingga 15 menit, atau sampai pinggiran kue matang.

Setelah matang, langsung pindahkan ramekin dari oven atau pindahkan ke piring dessert secara hati-hati.

Tabur gula halus di atas Molten Cakes, dan bisa juga ditambahkan eskrim atau whipped cream dan buah-buahan segar seperti stroberi atau rasberi.


Penulis: /BSTV