Ilustrasi kentang goreng.

Makanan telah menjadi salah satu faktor pemicu kanker. Sekarang bahkan zat kimia berbahaya penyebab kanker telah ditemukan dalam sereal sampai kentang goreng yang dijual di restoran siap saji.

Sebuah senyawa kimia yang disebut akrilamida terbentuk dan karsinogenik (zat pemicu kanker) jika dipanggang, dibakar, atau digoreng dengan suhu yang terlalu tinggi.

Temuan ini didapat setelah The Food Standard Agency melakukan pemeriksaan 300 makanan untuk mengetahui apa saja zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Menurut peneliti, berbagai makanan seperti keripik, kentang goreng dan biskuit berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi secara teratur.

Sementara itu, kandungan tertinggi zat kimia karsinogenik yang ditemukan dalam makanan ringan kemasan seperti keripik kentang asin, sereal dan chip. Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti setidaknya menemukan ada 14 makanan ringan kemasan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Temuan ini tentu saja membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Setidaknya cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tidak sehat secara bertahap.

Penulis: Ririn Indriani

Sumber:Daily Mail