Ilustrasi minuman anggur merah.

Sejak lama, penyakit Diabetes telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu silent killer yang memakan banyak korban.

Semakin meningkatnya jumlah penderita penyakit metabolik ini, telah membunyikan alarm kewaspadaan yang cukup menyita perhatian di seluruh dunia.

Kelebihan berat badan, kurang olahraga dan konsumsi kalori tinggi, makanan manis dan berlemak, sering menjadi alasan utama atau faktor pencetus dari munculnya penyakit yang satu ini.

Meski demikian, ternyat ada sejumlah makanan yang diketahui dapat membantu dalam mencegah munculnya diabetes.

Seperti dikutip dari laman Times of India, berikut tujuh makanan yang dapat mencegah hadirnya diabetes dalam tubuh seseorang.

Kunyit
Sejumlah studi mengklaim bahwa kurkumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu memperlambat dan mencegah kemunculan diabetes.

Stroberi
Kalangan ilmuwan berpendapat bahwa mengkonsumsi stroberi membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang mengurangi kolesterol LDL dan lipid darah. Kedua hal ini memainkan faktor dalam perkembangan diabetes.

Keju dan yoghurt rendah lemak
Bakteri sehat yang ditemukan dalam produk susu fermentasi dipercaya bisa mengurangi efek samping bagi munculnya diabetes.

Anggur merah
Senyawa yang terdapat dalam anggur merah dipercaya bisa membantu dalam meningkatkan fungsi gula darah untuk mengatur hormon insulin.

Kayu manis
Bahan yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kayu manis diketahui bisa membantu dalam menurunkan glukosa darah.

Apel
Antosianin, senyawa yang ditemukan sangat berlimpah dalam buah apel, diketahui dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah.

Bayam
Untuk yang rajin mengkonsumsi bayam setiap hari, dapat mengurangi kemungkinan terkena risiko diabetes sebesar 14%.

 

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Times of India