Ilustrasi Facebook

Jakarta - Facebook rupanya punya efek yang baik bagi orang yang sedang sedih, bisa membantu orang-orang yang mengalami masalah kejiwaan demikian hasil penelitian terbaru dari University of Portsmouth, Inggris.

Alice Good peneliti dalam studi tersebut menemukan bahwa hampir 90 persen pengguna Facebook menggunakan situs jejaring sosial tersebut untuk melihat wall mereka sendiri dan 75 persen lagi melihat foto-foto mereka ketika sedang merasa sedih dan gundah.

Good mengatakan bahwa mekanisme menenangkan diri dengan menggunakan Facebook seperti itu bermanfaat bagi mereka yang sering merasa sedih.

Untuk tiba pada kesimpulan itu Good dan rekan-rekannya meneliti 144 pengguna Facebook. Dari pengamatan itu mereka menemukan bahwa orang sering melihat foto-foto dan postingan di wall mereka sendiri sebagai bentuk penghiburan.

Melihat foto-foto di masa silam dan kegiatan mereka di masa lalu adalah salah satu aktifitas di Facebook yang bisa membuat mereka merasa bahagia.

"Kami terkejut dengan hasil temuan yang mengindikasikan bahwa kita bisa menggunakan mekanisme penenangan diri bagi mereka yang mood-nya sedang buruk," kata Good seperti dikutip Telegraph.

Clare Wilson, salah satu rekan Good dalam penelitian itu, menambahkan bahwa meski Facebook dikenal sebagai alat komunikasi tetapi layanan itu juga bisa menjadi alat untuk menghubungkan orang dengan masa lalu, terutama ketika seseorang membutuhkan peneguhan untuk hidupnya di masa kini.

"Foto-foto bisa mengingatkan hal-hal positif di masa lalu. Bisa membantu melupakan kesedihan dan mood negatif," ucap Wilson.

Selain itu para ilmuwan sebelumnya sudah mengetahui bahwa terapi mengenang masa lalu bisa membantu orang-orang lanjut usia yang mengalami masalah dengan ingatan.

Foto-foto masa lalu, film, dan benda-benda lain bisa membantu mereka mengembalikan ingatan jangka pendek yang hilang.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:The Telegraph